Tips Membeli Oven Gas

Penulis : Admin


Di posting tanggal 11 Feb 2019



Sebenarnya, ada beberapa jenis oven yang bisa dipilih tergantung keperluan dan selera. Ada oven gas, oven listrik, dan oven deck.Untuk Baking Lovers yang baru mulai fokus berwirausaha dengan skala UKM, Titan sarankan untuk membeli oven gas saja. Tahu nggak kenapa? Karena selain harganya relatif lebih terjangkau dibanding oven deck, kapasitas oven gas cenderung lebih besar dibanding oven listrik. Jadi dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga saat proses pemanggangan.

Tapi, sebenarnya apa sih yang perlu diperhatikan ketika kita mau membeli oven gas? Berikut tipsnya:

  1. Pilih oven dengan merk yang terpercaya.

Ini penting sekali, karena menyangkut kualitas oven dan kemudahan pelayanan after sales (seperti konsultasi terkait penggunaan produk dan service)

  1. Pilih ukuran oven sesuai kebutuhan.

Oven gas memiliki beberapa ukuran. Sesuaikan dengan tempat produksi. Usahakan masih ada space yang cukup di dapur untuk sirkulasi udara dan kemudahan Baking Lovers bergerak.

  1. Pertimbangkan material/ bahannya.

Carilah oven gas yang materialnya terbuat dari zincalume, bahan ini terkenal unggul karena ringan, memiliki daya tahan yang kuat dan tahan korosi.

  1. Cek garansi

Garansi menjadi penting untuk bahan pertimbangan, biasanya masa garansi berlaku selama 1-2 tahun.

  1. Sistem Pengapian

Pastikan oven yang dibeli memiliki sistem pengapian atas-bawah dengan aliran gas dan besar api yang merata. Jangan ragu meminta bantuan penjual untuk melakukan test sebelum melakukan pembayaran.

  1. Cek kelengkapan tambahan

Cek apakah harga oven sudah termasuk kaki, rak, selang, regulator, dan thermometer. Lebih baik lagi jika oven sudah memiliki lapisan cat peredam panas dan anti karat.


  1. Harga

Jangan tergiur harga murah. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal namun produk yang ditawarkan berkualitas baik.

 

Nah, sudah ada pencerahan bukan? Jika skala usaha Baking Lovers sudah berkembang menjadi lebih besar, boleh deh mulai menimbang-nimbang untuk membeli oven deck (Titan doakan semoga lancar ya, jualannya).





Artikel lainnya

Dipublish : 31 Jan 2019

Hohoho… Nggak apa-apa, selalu ada yang pertama kok. Seperti juga dengan baking atau membuat kue. Percaya deh, jika sering berlatih dan praktik, pemula pasti menjadi ahli.

Dipublish : 11 Feb 2019

Oven termasuk benda yang paling penting keberadaannya di dapur. Saat memutuskan untuk membelinya, tentu sudah ada pertimbangan tersendiri terkait harga, kapasitas, dan biaya bahan bakarnya nanti. 

Dipublish : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan? Yuk, Titan Jelaskan :)