4 Tips Mengatasi Baking Blue

Penulis : Admin


Dipublikasi : 14 Mar 2019



Baking Lovers, pernahkah tiba-tiba merasa malas dan bosan yang luar biasa ketika harus turun ke dapur? Padahal pesanan kue sudah menumpuk, tapi melihat oven saja sudah tidak mood. Berhadapan dengan loyang mendadak emosi, mencium wangi margarin mual, dan melihat mixer jadi auto-BeTe.  Kalau bisa, pingin rasanya balik kanan lalu melambaikan tangan ke arah kamera sambil bilang: Saya Menyeraah! (serasa uji nyali ya?)

***

 

Sst... Jangan-jangan Baking Lovers terjangkit syndrom Baking Blue. Nah lho, apa tuh?

 

Jadi, Baking Blue adalah istilah yang menggambarkan kondisi bosan, malas, dan jenuh luar biasa saat mengerjakan rutinitas membuat kue. Hal ini biasanya disebabkan karena pekerjaan tersebut dilakukan berulang-ulang tanpa adanya penyegaran. Baking Blue  bisa menjadi masalah jika berlangsung dalam waktu lama, karena kondisi mood sangat mempengaruhi hasil akhir kue yang kita buat. Gawat juga, ya!

 

Sebenarnya ada beberapa tips mengatasi baking blue:

 

1. Dengarkan musik selama baking

Dengan menyetel musik, pasti hati terhibur. Tak jarang kita juga ikut bernyanyi mengikuti irama dan lirik lagu, bukan? Dengarkan musik yang membuat suasana hati jadi semangat ya, jangan lagu tentang patah hati yang bisa membuat baper.

 

2. Alihkan aktivitas

Kapan terakhir kali Baking Lovers liburan? (Jangan bilang setahun lalu, saat libur lebaran, ya). Bagaimana tidak jenuh, kalau setiap hari kita hanya berkutat dengan oven-mixer-loyang-spatula? Kalau bisa ngomong, mungkin benda-benda itu juga bosan melihat kita. Jadi, lebih baik sisihkan waktu beberapa hari untuk “cuti” dan menikmati waktu dengan berlibur sebelum mulai kembali ke rutinitas membuat kue.

 

3. Coba resep baru

Bereksperimen dengan resep-resep baru akan memberikan tantangan tersendiri. Coba buka-buka buku resep yang lama disimpan di lemari, atau browsing di internet tentang resep kue unik yang kekinian. Selain menghilangkan jenuh, hasil bakingnya bisa jadi variasi baru untuk jualan kita lho.

 

4. Membangkitkan motivasi

Membangkitkan motivasi memang tidak semudah kedengarannya. Coba ingat-ingat, kenapa kita suka membuat kue? Apakah supaya si kecil tidak jajan sembarangan? Apakah untuk berbagi kebahagiaan dengan anggota keluarga? Atau untuk menghasilkan segenggam berlian? Hehehe...

Percaya deh, kalau motivasinya sudah bangkit (lagi) kita akan sembuh dari baking blue.

 

Intinya, jika mengalami fase jenuh saat membuat kue, yang paling tepat dilakukan adalah mencari jalan keluar dengan menghibur diri agar semuanya kembali berjalan lancar. Caranya tentu dengan melakukan 4 hal tadi. Jadi, katakan selamat tinggal pada Baking Blue!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 11 Feb 2019

Oven termasuk benda yang paling penting keberadaannya di dapur. Saat memutuskan untuk membelinya, apa saja yang harus dipertimbangkan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.