Inilah Perbedaan Flake, Choux, dan Short Pastry

Penulis : Admin


Dipublikasi : 17 Sep 2019



Baking Lovers, pasti sudah tidak asing dengan istilah pastry bukan? Pastry berasal dari kata paste yang berarti campuran terigu, cairan dan lemak. Metode pembuatannya juga bermacam-macam. Ada yang menggunakan adonan berlapis (flake), adonan cair (choux), maupun adonan yang mudah patah (short pastry). 

 

Flake Pastry

Ciri khas flake pastry adalah bertekstur ringan dan berlapis-lapis. Adonan yang sudah dilapisi butter/ margarin pastry akan digiling menggunakan rolling pin atau mesin, lalu diistirahatkan. Proses ini dapat dilakukan hingga beberapa kali. Saat dipanaskan, kandungan air pada butter/ margarin pastry akan mendorong setiap lapisan untuk naik dan menghasilkan rongga, sedangkan lemaknya akan ‘menggoreng’ adonan hingga menjadi garing dan ringan.

Flake pastry ada yang dibuat menggunakan ragi (contohnya danish dan croissant), dan ada juga yang tidak menggunakan ragi (seperti puff pastry). Croissant identik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit, sedangkan danish dan puff banyak divariasikan dengan isian dan hiasan.

Choux Pastry

Choux pastry merupakan jenis pastry yang mengalami dua kali proses pemasakan. Pertama, cairan, lemak, dan tepung direbus sambil diaduk hingga menjadi kalis, lalu biarkan hingga dingin (hilang uap panasnya). Lalu, masukan telur satu per satu agar konsistensi adonan tetap baik dan tidak terlalu encer. Setelah itu, cetak menggunakan spuit dan panggang choux hingga matang.

Ciri khas choux paste yang baik adalah bertekstur lembut dan berongga (kopong) di bagian dalamnya. Baking Lovers bisa membaca artikel ini untuk mengetahui tips agar kue sus bisa mengembang sempurna.

Short Pastry

Short pastry identik dengan tekstur beremah dan mudah patah. Contoh yang sering kita dengar adalah biskuit dan pie/ tartlet. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu hanya mengaduk bahan-bahannya dengan metode rub in (diuleni dengan tangan hingga cukup tercampur rata). Selanjutnya adonan dicetak, ditambahkan isi, lalu dipanggang.

Baking Lovers, setelah mengetahui perbedaan ketiga jenis pastry tersebut, rasanya belum sempurna kalau tidak membuatnya di rumah. Yuk cek resep aneka resepnya di sini. Selamat mencoba :)


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 11 Feb 2019

Oven termasuk benda yang paling penting keberadaannya di dapur. Saat memutuskan untuk membelinya, apa saja yang harus dipertimbangkan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.