Jenis-Jenis Pengawet Makanan

Penulis : Admin


Dipublikasi : 12 Aug 2019



Sering kali kita dibuat bingung dengan jenis-jenis bahan pengawet makanan ya, Baking Lovers. Jadi, pengawet makanan berguna untuk memperpanjang umur simpan sebuah produk. Untuk jenis makanan secara umum, ada beberapa cara pengawetan secara alami. Diantaranya dengan pengasinan, pemanisan, pendinginan, pengasapan, pengeringan, dan pemanasan. Namun, dalam dunia baking dikenal juga beberapa bahan tambahan pangan (BTP) pengawet yang dosis penggunaannya sudah ditetapkan, diantaranya:

Benzoat

Benzoat berbentuk bubuk dengan butiran halus berwarna putih seperti garam. Benzoat digunakan untuk mengawetkan makanan yang berupa cairan. Contohnya sirup, manisan, selai, dan saus. Dosis pemakaiannya adalah 0.2 - 1 gram per kg total formula.

 

Calsium Propionat

Calsium Propionat digunakan untuk mengawetkan makanan yang beragi dan mengandung asam, seperti roti, pastry, dan produk olahan susu. Dosisnya mulai dari 1 - 2.5 gram per kg total formula (tergantung jenis makanan yang akan diawetkan). Berbentuk bubuk berwarna putih dengan butiran yang halus seperti tepung.

 

Potasium Sorbat

Potasium Sorbat berbentuk butiran agak besar seperti meises yang berwarna putih. Potasium sorbat digunakan untuk mengawetkan bahan makanan yang tidak beragi, misalnya cake, cookies, dan bahan makanan berbasis lemak. Dosisnya mulai dari 0.2 - 1 gram per kg total formula.

 

Perlu diingat bahwa daya tahan produk yang sudah ditambahkan bahan pengawet makanan juga tergantung pada bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Jika pada pembuatannya menggunakan gula, garam, bumbu, dan bahan pengawet alami lain, tentu umur simpannya akan semakin lebih panjang.

Untuk mengetahui lebih detail tentang ketentuan dosis maksimal setiap bahan pengawet dengan jenis makanannya, kita bisa mengeceknya di laman BPOM RI. Jadi, beda bahan bakingnya, berbeda juga bahan pengawet yang digunakan. 

 

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 01 Jul 2020

Rhum merupakan salah satu minuman beralkohol, yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Yuk kita berkenalan lebih jauh dengan produk yang satu ini.

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?