Tips Membuat Kulit Pie Anti Gagal

Penulis : Admin


Dipublikasi : 14 Jul 2020



Pie merupakan salah satu jenis short pastry yang dibuat dengan meminimalkan proses pengadukan. Hal ini dilakukan agar pembentukan gluten dapat dihindari dan adonan menjadi short/ mudah patah. Pie merupakan camilan renyah yang dapat diberi beraneka ragam isian, baik manis atau pun gurih.

Apakah membuat pie tergolong sulit? Bagaimana caranya membuat kulit pie yang renyah, lezat, dan matang sempurna? Berikut tips anti gagal membuat kulit pie yang perlu Baking Lovers ikuti:

1. Gunakan tepung terigu protein rendah

Penggunaan tepung terigu berprotein rendah akan membuat adonan kulit pie menjadi lebih renyah. Hal ini disebabkan tepung protein rendah lebih sedikit mengandung gluten.

 

2. Campur adonan cukup hingga tercampur rata

Adonan kulit pie hanya dicampur hingga rata. Jika terlalu banyak diuleni, adonan akan kalis dan hasil pemanggangan menjadi tidak renyah.

3. Jaga suhu adonan agar tidak panas

Caranya dengan menggunakan lemak, telur, dan air dalam keadaan dingin. Suhu panas akan membuat lemak yang ada di dalam adonan meleleh saat diuleni. Hal ini mengakibatkan kulit pie menjadi terlalu rapuh.

 

4. Perhatikan ketebalan adonan kulit

Jika terlalu tebal, besar kemungkinan adonan sulit matang (masih mentah di bagian dalam). Sebaliknya, jika terlalu tipis maka kulit pie akan mudah patah dan cepat hangus. Gunakan rolling pin atau botol dengan permukaan yang rata.

5. Tusuk permukaan adonan dengan garpu

Sebelum dipanggang, tusuk-tusuk kulit pie dengan garpu agar adonan tidak mengembang dan dapat matang merata.

 

6. Perhatikan proses pemanggangan

Kulit pie dipanggang pada suhu 150-170 ℃ selama +/- 15 menit atau hingga matang. Jaga suhu agar tidak terlalu rendah (karena proses karamelisasi terjadi pada suhu 135 ℃), dan tidak terlalu tinggi karena adonan akan cepat hangus.

7. Jangan langsung keluarkan pie yang sudah matang dari cetakan

Pie yang masih panas cenderung bertekstur lebih rapuh. Sebaiknya tunggu 10-15 menit, baru dikeluarkan dari cetakan, karena teksturnya dipastikan sudah lebih kokoh.

 

Jika Baking Lovers ingin membuat pie dengan isian mentah, maka isi dapat dituangkan setelah adonan dipanggang setengah matang. Kulit yang dipanggang terlebih dahulu sebelum diberi isian akan bertekstur lebih renyah dibandingkan jika langsung dipanggang dengan isian. 

Tidak punya waktu untuk membuatnya? Tenang, Titan menjual kulit pie yang sudah jadi, dibuat tanpa bahan pengawet. Karena sudah matang, kulit pie ini tahan selama 3 bulan di dalam kemasan tertutup rapat. Jika disimpan dalam freezer, daya tahannya menjadi lebih lama, yaitu hingga 6 bulan. Selamat berkreasi!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 08 Jul 2020

Mau belajar baking dari rumah? Ini 4 kelebihan kursus kue online di Titan Baking.

Dipublikasi : 20 May 2020

Idul Fitri belum lengkap tanpa kehadiran kue kering klasik. Ini dia 6 rekomendasi cookies klasik yang cocok untuk isi stoples Anda.

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.