3 Jenis Ragi

Penulis : Admin


Dipublikasi : 01 Jul 2019



Ragi adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan roti. Apakah Baking Lovers tahu, kalau ragi juga makhluk hidup? Ya, ragi merupakan sejenis tumbuhan berspesies jamur/ cendawan. Ragi akan bekerja lebih maksimal jika ada gula di dalam adonan. Ragi berfungsi mengembangkan adonan dengan gas CO2 yang dihasilkannya melalui proses fermentasi. Gas itulah yang membuat adonan roti memiliki rasa dan aroma yang khas. Selain itu, ragi juga mampu melembutkan gluten.

Ada beberapa jenis ragi yang beredar di pasaran lho, diantaranya:

 

  • Ragi basah/ ragi segar (fresh yeast)
Seperti namanya, ragi jenis ini memiliki kandungan air cukup tinggi yang mengakibatkan umur simpannya menjadi singkat. Ragi ini harus disimpan pada suhu maksimal 1°C. Cara menggunakannya yaitu dengan diremas-remas terlebih dahulu, lalu dicampur ke dalam adonan roti. 
  
   
  • Ragi koral (active dry yeast)
Ragi ini berupa butiran kering dengan aroma yang khas. Ragi jenis ini akan berfungsi setelah dilarutkan ke dalam air hangat kuku selama 10-30 menit dengan perbandingan 1 bagian ragi dengan 4 bagian air. 
     
   
  • Ragi instant (instant yeast)
Ragi instant berbentuk butiran kering dengan ukuran yang lebih kecil dari ragi koral. Cara menggunakannya sangat praktis, bisa langsung dicampur ke dalam adonan. Untuk menjaga mutunya tetap baik, ragi instant harus disimpan di dalam wadah kedap udara setelah dibuka dari kemasannya.
    
  
Ketiga jenis ragi tersebut bisa saling menggantikan dengan perbandingan sebagai berikut:
 

Plus Minus

Ternyata, masih ada orang yang membuat roti menggunakan ragi basah dan ragi koral lho (meski sangat jarang). Hal ini karena ragi basah lebih mudah larut dan memiliki daya mengembangkan adonan lebih cepat daripada jenis ragi lainnya. Umur simpan ragi basah sangat singkat (maksimal satu minggu) dan tidak tahan lama di suhu ruang. 
 
Ragi koral lebih tahan lama, namun orang jarang menggunakannya karena cara mengaktifkan daya kembangnya cukup merepotkan. Selain itu, ragi basah dan ragi koral juga memiliki aroma yang lebih harum dibandingkan ragi instant. 
Nah, sekarang Baking Lovers sudah paham kan mengenai jenis-jenis ragi dan perbedaannya? Untuk alasan kepraktisan, penggunaan ragi instant tetap lebih Titan sarankan. Ragi jenis ini paling banyak ditemui. Contoh merek yang Titan jual yaitu Fermipan, Saf Instant, Mauripan, dan lain-lain. 
 
Untuk pemesanan, silakan klik disini ya :)

Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?