Tips Mengoles Loyang

Penulis : Admin


Dipublikasi : 24 Jul 2019



Mengoles loyang adalah hal yang penting saat membuat kue. Jika sampai lupa, siap-siap bete karena cetakan akan lengket dan kue sulit diangkat, hehe…

***

 

Baking Lovers, loyang terdiri dari dua jenis, yang sudah dilengkapi lapisan anti lengket dan loyang konvensional. Jenis yang tidak lengket biasanya terbuat dari teflon, penggunaannya tidak perlu lemak pengoles loyang lagi. Namun lain halnya dengan loyang konvensional yang terbuat dari aluminium. Jika tidak dioles dengan margarin/ lemak khusus oles loyang maka akan menjadi lengket dan kue sulit diangkat.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan saat mengoles loyang, yaitu:

 

Siapkan loyang.

Mempersiapkan loyang untuk dioles bisa memakan waktu lama dan cukup merepotkan. Akan lebih baik jika mengoles loyang dilakukan sebelum menimbang bahan. Apalagi untuk adonan yang tidak boleh menunggu terlalu lama di luar oven. 

 

Jangan mengoles loyang sampai terlalu tebal.

Olesan yang terlalu tebal dapat menyebabkan bagian bawah kue menjadi berminyak. Pada saat memanggang kue kering, loyang yang terlalu banyak menggunakan olesan dapat menyebabkan cookies bergeser dan menempel satu sama lain.

 

Gunakan kertas roti/ baking paper.

Pada saat membuat cake, loyang yang sudah diolesi dengan lemak dapat dilapisi lagi dengan kertas roti. Sekarang, sudah ada kertas roti/ baking paper yang dapat digunakan hingga maksimal sepuluh kali pemakaian. Setelah digunakan, cukup seka permukaan baking paper dengan tissue hingga bersih.

Gunakan cairan khusus pengoles loyang.

Baking Lovers tentu pernah merasakan penggunaan margarin bisa membuat rasa cake lebih asin, bukan? Hal ini bisa kita hindari dengan menggunakan cairan khusus oles loyang. Ada beberapa merk yang dijual di Titan, seperti Carlo dan Palmcentrate.

 

Loyang chiffon tidak perlu dioles.

Tidak semua jenis loyang kue perlu dioles lho. Misalnya pada chiffon cake, loyang yang digunakan sama sekali tidak boleh dioles karena dapat menyebabkan kue menjadi berpinggang dan mengerut.

 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kue yang diangkat dari loyang tidak lengket. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba ya, Baking Lovers.

 

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 11 Feb 2019

Oven termasuk benda yang paling penting keberadaannya di dapur. Saat memutuskan untuk membelinya, apa saja yang harus dipertimbangkan?