5 Hidangan Berbuka Puasa yang Sehat dan Nikmat

Penulis : Admin


Dipublikasi : 22 Apr 2020



Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Baking Lovers yang menjalankan.

Semoga puasanya lancar, dan kita selalu dalam keadaan sehat.

***

Ramadhan kali ini menjadi tantangan tersendiri bagi Baking Lovers yang menjalankan ibadah puasa. Dalam keadaan normal saja kita harus selalu menjaga asupan gizi, terlebih pada saat ini, Ramadhan di tengah pandemi. Jangan sampai kondisi tubuh menurun karena makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur tidak memenuhi kecukupan gizi.
Untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa, kita dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berbuka. Tapi tak hanya manis, kita juga harus memperhatikan kandungan gizinya. Apa saja ya, contohnya?

 

1. Air putih atau jus buah tanpa gula

Mengawali berbuka puasa, sebaiknya kita minum air putih terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi. Ingin yang lebih nikmat? Jus buah segar tanpa gula juga direkomendasikan untuk memberikan pasokan cairan bagi tubuh.

 

 

2. Kurma

Kurma memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang mudah dicerna dan mampu memulihkan tubuh setelah seharian berpuasa. Kurma juga kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, zat besi, vitamin, dan antioksidan. Kurma yang agak kering memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan kurma yang bertekstur lembut.

 

 

3. Agar-Agar

Selain dapat memperlancar pencernaan karena serat yang dikandungnya, agar-agar juga memiliki banyak nutrisi, diantaranya karbohidrat kompleks, protein, vitamin E, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan zinc. Untuk berbuka puasa, Baking Lovers bisa mengonsumsi agar-agar secara langsung, dicampur dalam sup buah yang diberi madu, atau diolah menjadi puding klepon. Yummy!

 

 

4. Kolak Biji Salak

Untuk berbuka puasa, hidangan tradisional bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah kolak biji salak. Hidangan ini terbuat dari tepung dan ubi yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain itu, gula merah merupakan pemanis yang lebih sehat daripada gula pasir.

 

 

5. Salad buah

Buah merupakan makanan yang penting saat berpuasa karena dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan memberikan energi dari rasa manis yang dihasilkan. Buah mengandung aneka vitamin bermanfaat dan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Agar lebih menggugah selera, buah-buahan dapat dibuat menjadi salad dengan tambahan madu, yoghurt, atau mayonaise.

 

 

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang sehat dan nikmat untuk buka puasa. Kalau Baking Lovers biasanya suka berbuka dengan apa? Jika belum punya referensi, jangan ragu untuk melihat-lihat koleksi resep dari Titan ya!

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Aug 2019

Gelatin banyak dimanfaatkan pada industri makanan, farmasi, dan kecantikan. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam pembuatan kue?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.