5 Kegunaan Potato Flakes

Penulis : Admin


Dipublikasi : 06 Jan 2020



Baking Lovers, kentang merupakan sayuran sumber karbohidrat, serat, dan kalium yang banyak digunakan untuk melengkapi berbagai macam hidangan dan camilan. Diantaranya mashed potato, perkedel, dan kroket. Dalam dunia baking, kentang juga digunakan untuk melembutkan tekstur adonan donat, roti, dan pie. Namun, proses pengolahan kentang cukup memakan waktu. Mulai dari mengupas, merebus, lalu ditumbuk dan kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Hal tersebut membuat banyak orang menggunakan bahan yang lebih praktis, yaitu kentang serpih (potato flakes). 

Potato flakes dibuat dengan cara menghaluskan kentang, membentuknya menjadi lembaran dengan ketebalan tertentu, kemudian dikurangi kadar airnya lewat proses pemasakan atau pengeringan. Lembaran kentang yang sudah kering ini dihancurkan hingga berubah bentuk menjadi serpihan. Warna potato flakes bisa beragam, mulai dari putih bersih hingga kekuningan, tergantung warna kentang yang digunakan.

Selain yang sudah disebutkan di awal, potato flakes juga memiliki kegunaan sebagai berikut:

 

Menambah Volume Makanan

Apakah Baking Lovers menyukai Deviled Egg sebagai makanan pembuka? Potato flakes bisa digunakan untuk menambahkan volume kuning telur rebus pada hidangan ini. Cukup tambahkan potato flakes yang masih kering di dalam campuran kuning telur hingga mencapai volume yang diinginkan dan juga untuk memperkaya rasa.

 

Pengikat Adonan Bola-Bola Daging

Potato flakes mampu mengikat kadar air pada adonan bola-bola daging. Jadi, adonan akan menjadi padat dan tidak mudah hancur saat diolah. Gunakan potato flakes sebanyak setengah dari jumlah bread crumb atau tepung yang digunakan sebagai campuran.

 

Melembutkan Roti

Gunakan potato flakes sebanyak 10-20% dari berat tepung terigu agar roti dan donat menjadi lebih lembut meski sudah dalam keadaan dingin. 

 

Tepung Pelapis

Jika Baking Lovers menggunakan panir atau bread crumb sebagai pelapis gorengan seafood, fried chicken, atau daging, cobalah sekali-kali gunakan potato flakes yang dicampur tepung terigu serbaguna dengan perbandingan 50:50. Hasilnya tak kalah renyah lho. 

 

Mengentalkan Sup dan Stews

Menggunakan potato flakes sebagai pengental pada cream soup dan stews tidak akan membuat sup menggumpal seperti saat kita menggunakan tepung terigu atau maizena, serta tidak mengubah rasa. Campurkan potato flakes pada sup hingga tingkat kekentalan yang diinginkan.

Wah, rasanya jadi semakin tertarik menggunakan potato flakes untuk memasak. Lalu, dimana ya kita bisa membelinya? Tidak perlu jauh-jauh mencari, Baking Lovers cukup klik disini untuk mendapatkan potato flakes dengan kualitas terbaik. Happy cooking and baking!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Aug 2019

Gelatin banyak dimanfaatkan pada industri makanan, farmasi, dan kecantikan. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam pembuatan kue?

Dipublikasi : 09 Dec 2019

Apakah Baking Lovers pernah menggunakan tepung premix? Kalau belum, yuk dicoba. Berikut ini beberapa kelebihannya.

 

Dipublikasi : 07 Oct 2019

Batik tidak selalu tentang pakaian. Lebih dari itu, batik bisa juga dinikmati melalui indera perasa. Bagaimana maksudnya?