7 Kue Tradisional Betawi, Wajib Dicoba!

Penulis : Admin


Dipublikasi : 16 Feb 2021



Apa yang terlintas di benak Baking Lovers jika membicarakan kota Jakarta? Mulai dari transportasi yang lengkap, gedung-gedung pencakar langit, sarana dan prasarana yang modern, demikian juga dengan kulinernya yang beragam. Berbagai jenis makanan dan kue dari penjuru nusantara mudah ditemukan di kota ini.

Dibalik segala hal yang berkaitan dengan modernitasnya, Jakarta juga memiliki banyak warisan kuliner tradisional. Diantaranya adalah kue-kue khas penduduk asli Jakarta (suku Betawi). Apakah Baking Lovers pernah mencicipinya? Berikut ini beberapa jenis kue tradisional dari Betawi yang wajib dicoba:

 

1. Kembang Goyang

Kue ini berbahan dasar adonan tepung beras dan santan. Dinamakan kembang goyang, karena cara membuatnya cukup unik. Cetakan yang digunakan terbuat dari besi dan berbentuk kembang. Cetakan dipanaskan terlebih dahulu di dalam minyak goreng. Setelah panas, cetakan dicelupkan ke dalam adonan cair, lalu digoreng sambil digoyang-goyang agar adonan lepas dari cetakan. Selain rasa original, saat ini kembang goyang juga divariasikan dengan aneka rasa, contohnya pandan.

 

 

2. Kue Dongkal

Kue dongkal berbentuk seperti tumpeng. Bahan utama pembuatannya adalah tepung beras dan kelapa parut. Adonan dibuat berlapis-lapis, diberi isian gula merah, kemudian dikukus. Sekilas kue ini mirip dengan kue putu bambu, namun dalam versi bentuk yang berbeda dan tanpa pewarna hijau.

 

 

3. Kue Rangi

Banyak orang menyamakan kue rangi dengan kue pancong dan pukis. Padahal kue rangi adalah jenis yang berbeda, Baking Lovers. Kue ini terbuat dari kelapa parut, santan, dan tepung sagu, lalu dipanggang di atas bara arang hingga matang. Terakhir, kue disiram saus kinca dari gula jawa yang dimasak hingga sangat kental. Rasanya gurih, garing, dan manis khas topping saus kinca.

 

 

4. Kue Pepe

Kue pepe memiliki tampilan yang mirip dengan kue lapis. Bedanya, kue pepe terbuat dari adonan tepung sagu, santan, dan gula. Adonan ini dibagi menjadi beberapa warna, lalu dikukus selapis demi selapis. Rasanya manis gurih, dengan tekstur lembut dan kenyal. Kue pepe banyak digunakan untuk sajian pada acara-acara tradisional Betawi, serta sebagai kue hantaran lamaran dan pernikahan.

 

5. Jalabia

Jalabia merupakan jajanan Betawi yang sangat legendaris. Bentuknya mirip kue cincin, namun memiliki tekstur seperti kue gemblong. Jalabia terbuat dari adonan tepung ketan hitam dan campuran kelapa parut. Adonan dibentuk bulat, diberi lubang di tengahnya, lalu digoreng. Jika sudah matang, jalabia direndam dalam larutan gula merah cair. Saat digigit, tekstur kenyal akan menyatu sempurna dengan gula merah yang meresap hingga ke bagian dalamnya.

 

 

6. Putu Mayang

Kue ini akan banyak ditemui saat Ramadhan tiba, karena banyak dicari orang Betawi untuk menu berbuka puasa. Putu mayang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, dan santan. Adonan dibagi menjadi beberapa warna, dicetak menggunakan cetakan khusus hingga bentuknya menyerupai gulungan mie, lalu dikukus. Kue ini dihidangkan dengan saus gula merah cair.

 

 

7. Kue Cucur

Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, dan gula merah. Adonan didiamkan terlebih dahulu selama minimal satu jam hingga teksturnya mengental dan berserat.  Lalu digoreng sambil disiram-siram dengan minyak hingga matang. Baking Lovers dapat klik di sini untuk mengetaui resepnya. Kue cucur sangat nikmat jika dimakan hangat-hangat, ditemani secangkir kopi pahit.

 


Di saat banyak makanan mudah ditemukan di Jakarta, kue-kue tradisional khas Betawi justru sudah mulai sulit ditemukan. Hal ini mungkin karena kepopulerannya mulai terkikis oleh budaya Jakarta masa kini, dan bahkan oleh kuliner asing yang kian menjamur. Kue-kue tradisional Betawi ini dapat Baking Lovers temui di tempat-tempat tertentu. Seperti pusat kebudayaan Betawi Setu Babakan, acara pekan raya tahunan, atau  memesan langsung ke pembuat kue yang masih keturunan asli suku Betawi. Baking Lovers juga dapat belajar membuatnya sendiri di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan dan peralatan yang dijual di TitanBaking.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 16 Feb 2021

Kue-kue tradisional Betawi sangat beragam dan perlu dilestarikan. Baca artikel ini, untuk mengetahui apa saja kue-kue legendaris tersebut!

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?