Aneka Tepung Pelapis Gorengan, Jangan Salah Pilih!

Penulis : Admin


Dipublikasi : 19 Apr 2021



Baking Lovers, di bulan Ramadhan ini aneka gorengan selalu menjadi primadona. Tidak heran, sebab selain rasanya sangat gurih, teksturnya juga ‘krenyes-krenyes’ alias crispy. Semakin membangkitkan selera makan dan membuat siapa saja ketagihan.

Namun, mengkonsumsi gorengan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan obesitas. Apalagi jika kita membelinya sembarangan di pinggir jalan, sudah pasti minyak yang digunakan adalah minyak yang berkali-kali pakai hingga berwarna kehitaman. Wah, lalu bagaimana dong?

Tenang Baking Lovers, kita masih bisa menikmati lezatnya gorengan yang dibuat sendiri di rumah (homemade). Dengan membuat sendiri di rumah, kita dapat menggunakan bahan makanan yang lebih bergizi. Diantaranya aneka sayur-sayuran seperti buncis, ubi, terong ungu, wortel, dan daun bayam. Sayur-sayuran tersebut dapat langsung digoreng dengan tepung pelapis atau dijadikan bahan isiannya. Jangan lupa,  selalu gunakan minyak goreng baru, dan ganti jika minyak sudah dipanaskan berulang-ulang.

Berikut referensi aneka tepung pelapis gorengan, yang dapat Baking Lovers gunakan untuk membuat gorengan di rumah:

 

1. Tepung Roti Halus/ Panir.

Tepung roti halus/ panir halus berwarna kecoklatan, biasanya dijual dalam kemasan pack isi 500 gram. Tepung ini dibuat dari pinggiran roti tawar yang dihaluskan hingga menyerupai tepung. Tepung ini dapat digunakan untuk melapisi risoles tradisional, kroket, dan masakan seperti daging burger dan scotch egg. Bahan masakan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam adonan telur, baru digulingkan ke atas panir hingga seluruh permukaannya tersalut. Setelah itu, goreng bahan makanan di dalam minyak (api sedang) hingga matang. Contoh merknya yaitu Tepung Panir Merbabu 500 gr.

 

 

2. Tepung Roti Kasar/ Panko/ Breadcrumb.

Tepung roti kasar disebut juga dengan nama panko/ breadcrumb. Teksturnya lebih kasar, dengan butiran yang lebih besar dibandingkan tepung panir. Warnanya juga bermacam-macam, ada yang putih, oranye, kuning, atau campuran semuanya.

Tepung roti kasar digunakan untuk membuat gorengan dengan tampilan lebih modern, seperti american risoles dan nugget.

Cara menggunakannya sama seperti tepung roti halus. Bahan makanan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam adonan telur, baru digulingkan ke atas tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya tersalut. Lalu, goreng hingga matang. Selain itu, tepung ini juga digunakan sebagai taburan/ topping masakan yang dipanggang. Contoh merknya yaitu bread crumb Titan, dan Tepung Roti J Food.

 

 

3. Tepung Serbaguna Ladang Lima

Ingin pilihan yang lebih sehat? Gunakan Tepung Serbaguna Ladang Lima. Tepung ini 100% bebas gluten, terbuat dari tepung singkong, tepung jagung, dan bumbu-bumbu non MSG. Tepung serbaguna Ladang Lima juga dibuat tanpa bahan pengawet. Dapat digunakan untuk membuat semua jenis makanan gorengan, seperti tempe, udang, ayam, dan ikan. Dengan tepung serbaguna Ladang Lima, gorengan menjadi lebih sehat, crispy, dan terasa alami.

Cara menggunakannya, tepung dibuat menjadi adonan basah dan adonan kering terlebih dahulu. Setelah itu, bahan makanan dicelupkan ke adonan basah terlebih dahulu, baru dibalurkan di tepung keringnya. Lalu, goreng di dalam minyak (api sedang) hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

 


Bagaimana Baking Lovers, sudah punya rencana mau membuat gorengan apa untuk berbuka puasa nanti? Apa pun yang dibuat, semua tepung pelapisnya sudah tersedia di TitanBaking lho. Pada intinya, gorengan diperbolehkan untuk dikonsumsi, namun tetap harus diingat agar tidak berlebihan. Serta imbangi dengan konsumsi sayur, buah, serta aktivitas fisik dan olahraga teratur agar kesehatan kita selalu terjaga.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa, Baking Lovers!



Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 19 Nov 2019

Baking Lovers, bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.