Bagaimana Cara Mengetes Ragi Instant?

Penulis : Admin


Dipublikasi : 01 Sep 2020



Baking Lovers, ragi merupakan bahan utama dalam pembuatan roti. Kualitas ragi sangat mempengaruhi hasil akhir roti yang dibuat. Namun seringkali, penyimpanannya kurang mendapat perhatian. Sama seperti bahan kue lain, ragi juga memiliki daya tahan yang harus diperhatikan agar dapat bekerja maksimal.

 

Jika hampir setiap hari membuat roti, kontrol terhadap penyimpanan ragi tentu akan lebih mudah. Tapi, bagaimana jika membuat roti hanya dilakukan sesekali? Tentu kita harus melakukan tes terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ragi yang ada masih layak atau tidak untuk digunakan. Berikut caranya:

  1. Bahan yang diperlukan untuk menguji kualitas ragi instant adalah 2 ¼ sendok teh ragi,  1 sdt gula pasir, dan ¼ cup (60 ml) air hangat. Jangan gunakan air panas, Baking Lovers, karena ragi akan mati. 

  2. Campur semua bahan di dalam mangkuk, lalu aduk hingga ragi dan gula larut. Setelah itu, diamkan selama 10 menit.

  3. Ragi yang berkualitas baik akan menghasilkan buih/ gelembung. Reaksi ini terjadi karena ragi ‘memakan’ gula dan menghasilkan gas karbon dioksida. Baca artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis ragi.

  4. Jika campuran tadi tidak mengeluarkan buih/ gelembung, dapat dipastikan bahwa kualitas ragi sudah tidak bagus (bahkan mati). Lalu bagaimana? Buang saja ragi tersebut, lalu ganti dengan ragi baru.

 

Ragi yang belum memasuki masa kadaluarsa dapat mengalami penurunan mutu (atau bahkan mati) jika cara penyimpanannya tidak benar. Ragi instant yang belum dibuka umumnya memiliki umur simpan sekitar 12 bulan. Jika sudah dibuka, pindahkan ragi ke dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari es. Ragi yang sudah dibuka dari kemasan mampu bertahan selama 3 bulan jika cara penyimpanannya tepat.

Jika Baking Lovers tidak terlalu sering membuat roti, lebih baik beli ragi dalam kemasan kecil saja (sachet isi 11 gram). Namun jika frekuensi pembuatan roti sudah lebih sering, Baking Lovers bisa membeli ragi dengan kemasan yang lebih besar. Jadi, selalu pastikan ragi yang digunakan berkualitas baik, sehingga hasil akhir roti yang dibuat bisa mengembang sempurna. Keep the baking spirit!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 19 Nov 2019

Baking Lovers, bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.