Bakers Pemula Wajib Punya Ini

Penulis : Admin


Dipublikasi : 31 Jan 2019



Siapa yang “katanya” masih bakers pemula? Tunjuk tangan!

Hohoho… Nggak apa-apa, selalu ada yang pertama kok. Seperti juga dengan baking atau membuat kue. Percaya deh, jika sering berlatih dan praktik, pemula pasti menjadi ahli.

 

Saya baru mau belajar baking, peralatan apa aja yang harus dibeli?

 

Teman-teman pasti sering bertanya seperti ini. Memang, akan lebih enak kalau kita punya list apa saja yang harus dibeli, agar belanja juga bisa lebih terkontrol.

Oke, setelah dirangkum kira-kira inilah empat peralatan sakti yang wajib ada di dapur bakers pemula:

 

1. Timbangan

Yup, ini jadi barang wajib nomor satu untuk Anda. Membuat kue itu berbeda dengan memasak yang bisa pakai ilmu perasaan ya, Baking Lovers. Ikuti petunjuk resep dan hindari jurus kira-kira kalau nggak mau kue yang dibuat menjadi “bantat”. 

Pilihannya bisa menggunakan timbangan digital yang pasti lebih akurat atau timbangan jarum saja.

 

2. Mixer

Setelah ditimbang, lalu adonan diaduk/ dimixer. Pilihan mixer  juga bermacam-macam. Namun untuk pemula, hand mixer sudah cukup. Kecuali Baking Lovers mau buat roti, tentu butuh yang lebih kokoh seperti stand mixer.

 

Loyang/ cetakan

Penggunaan loyang tergantung jenis kue apa yang mau dibuat. Loyang Chiffon Cake umumnya bulat tinggi dan dilengkapi kaki/ penyangga. Loyang kue kering berbentuk persegi dengan tinggi maksimal 3cm. Kalau sponge cake menggunakan loyang bulat atau kotak yang standar (tinggi 5-7 cm). Jadi jangan sampai keliru, ya :)

 

Oven

Ini dia barang yang wajib ada untuk memanggang. Oven terdiri dari beberapa jenis dan ada plus minusnya. Oven kompor lebih hemat bahan bakar, tapi panas kurang stabil dan agak repot karena harus naik-turun kompor (berat). Oven listrik praktis, namun biasanya berukuran kecil dan boros listrik. Oven gas memiliki panas yang stabil, tapi umumnya berukuran besar.

 

Bagaimana, sudah cukup jelas belum Baking Lovers? Yang pasti, untuk membuat kue butuh niat alias tekad untuk mencoba. Peralatan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan, kue apa yang kita mau buat. Kalau sudah terbiasa, baru deh lengkapi koleksi dapur kita sampai komplit. Jika perlu, siapin mental kalau belanja ke Titan ya, supaya tidak kalap. Hihihi…

 

Jadi tunggu apa lagi? Ayo ke dapur!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.