Black Forest: Cake dari Schwarzwald yang Mendunia

Penulis : Admin


Dipublikasi : 09 Sep 2019



Baking Lovers, siapa sih yang tidak suka dengan Black Forest Cake? Semua orang pasti sudah sangat familiar dengan kue berhias buah ceri dan krim segar ini. Seperti apa ya, sejarah cake ini sampai semua orang begitu menyukainya?

 

***

 

Bicara Black Forest Cake, kita pasti teringat pada kue dengan base bolu cokelat berhias krim dan taburan cokelat serut, tak ketinggalan buah ceri bertangkai yang menjadi ciri khas utamanya. Tidak salah memang, karena biasanya seperti itu yang sering kita lihat di etalase toko-toko kue. Mulai dari toko kue kecil hingga cake shop modern pasti menjual kue ini. 

Black Forest sebenarnya adalah nama sebuah hutan di provinsi Baden-Württemberg, Jerman, yaitu Schwarzwald. Dalam Bahasa Inggris, Schwarzwald berarti Black Forest atau Hutan Hitam. Schwarzwald terkenal hingga seluruh penjuru negeri karena hasil hutannya yang berupa buah ceri dengan kualitas sangat baik dalam jumlah melimpah. Buah tersebut lalu menjadi primadona di seluruh penjuru negeri dan banyak diolah menjadi air sari buah ceri atau yang lebih dikenal dengan nama kirschwasser dan berbagai hidangan pencuci mulut.

Banyak versi berbeda tentang siapa yang pertama kali membuat resep Black Forest Cake dan kapan kue itu dibuat. Ada yang menyebutkan Black Forest dibuat oleh Joseph Keller tahun 1915, namun ada juga literatur yang mengatakan kue ini dibuat pertama kali oleh Erwin Hilderbrand, seorang pemilik cafe di sebuah kota kecil dekat  Schwarzwald,  pada tahun 1930. Hingga saat ini tidak ada yang bisa membuktikannya. Siapa pun orangnya dan kapan pun Black Forest Cake dibuat, kita patut berterima kasih ya Baking Lovers. Karena tanpanya, kita belum tentu bisa merasakan kelezatan kue legendaris itu :)

Versi aslinya, Black Forest Cake terbuat dari krim kocok, kirschwasser, dan buah ceri segar. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini mulai divariasikan dengan sponge cake cokelat yang dilengkapi dengan isian chocolate ganache* dan dark cherry kalengan yang dimasak terlebih dahulu. Penggunaan kirschwasser sebagai liqueur syrup* juga bisa digantikan dengan simple syrup biasa yang terbuat dari air dan gula, tanpa tambahan alkohol.

Dahulu, Black Forest Cake hanya tersedia untuk dinikmati oleh kalangan bangsawan kota-kota besar di Jerman, Austria, dan Swiss. Tapi saat ini, kelezatan black forest sudah mendunia dan dinikmati oleh siapa pun, hingga menjadi pilihan favorit orang-orang, terutama untuk hadiah ulang tahun. Apalagi kalau kue nya hasil buatan tangan sendiri, pasti makin istimewa :) Cara membuatnya cukup mudah lho. Baking Lovers bisa lihat di sini untuk resep dan cara pembuatannya.

 

 

Daftar istilah:

Kirschwasser: dikenal juga dengan sebutan Kirsch, adalah air sari buah ceri yang merupakan hasil distilasi/ penyulingan dari sari buah ceri morello hitam yang telah difermentasi.

Chocolate Ganache: adalah krim cokelat yang digunakan untuk isian dan topping kue. Resep dasarnya terbuat dari cokelat blok, susu dan krim kental dengan perbandingan yang bervariasi, tergantung tingkat kekentalan yang diinginkan.

Liqueur: adalah minuman beralkohol dengan rasa buah, herbal, dan tumbuh-tumbuhan. Liqueur berasal dari bahasa latin, liquifacere yang artinya melarutkan, karena liqueur memiliki aroma dari bahan baku yang digunakan dalam pembuatannya. Liqueur syrup adalah campuran liqueur, air, dan gula dengan perbandingan tertentu untuk melembabkan base cake.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 31 Jan 2019

Saya baru mau belajar membuat kue, peralatan apa aja yang harus dibeli?

Dipublikasi : 30 Jul 2020

Baking Lovers sering membuat camilan untuk buah hati di rumah? Berikut ide menu camilan yang mudah dibuat untuk si kecil.

Dipublikasi : 27 May 2020

Bosan dengan jenis hantaran yang itu-itu saja? Cek artikel ini untuk ide hantaran yang pastinya tetap unik dan berkesan.