Charcoal Powder: Pembuatan, Penggunaan, dan Manfaatnya

Penulis : Admin


Dipublikasi : 26 Dec 2019



Baking Lovers, charcoal powder atau bubuk arang merupakan salah satu bahan alami untuk memberikan warna hitam pada aneka produk baking dan makanan lainnya, seperti mie, es krim, dan lain-lain. Penggunaannya yang cukup mudah serta tidak mempengaruhi tekstur, rasa, dan aroma pada makanan menjadi alasan utama para bakers menggunakannya.

Terbuat dari apakah Charcoal Powder?

Mungkin selama ini yang ada di benak kita adalah bubuk arang hanya bisa dibuat dari bambu (bamboo charcoal), tapi ternyata tidak. Charcoal powder juga bisa dibuat dari kayu, kulit gandum, batok kelapa, bahkan dari batu bara dan tulang. Namun yang lazim digunakan untuk bahan baking adalah yang terbuat dari bambu dan kayu. Bambu yang paling banyak dikenal adalah bambu Jepang. Namun perlu Baking Lovers ketahui, bahwa bubuk arang produksi lokal juga tidak kalah bagus dan berkhasiat.

Jadi, cara pembuatannya adalah bahan baku arang akan dipanaskan (dibakar) dalam tempat yang kedap udara hingga menjadi arang, lalu didiamkan selama beberapa hari. Untuk memastikan apakah arang tersebut aktif atau tidak, bahan baku yang sudah menjadi arang akan  disortir terlebih dahulu menggunakan alat yang bernama multimeter. Arang yang aktif bisa diolah untuk pembuatan makanan, sedangkan yang tidak aktif bisa digunakan untuk bahan non konsumsi, seperti produk kosmetik. Setelah disortir, arang digiling dengan mesin hingga menjadi bubuk yang benar-benar halus.

Dosis dan Cara Penggunaan

Dosis penggunaan charcoal powder adalah 1-2 gram dari total berat tepung (untuk roti, bakpao, dan burger) atau dari total berat bahan yang lain (untuk cake, es krim, minuman, dll). Cara penggunaannya adalah langsung dicampurkan ke bahan lain tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu. Jika digunakan pada minuman, charcoal powder akan meninggalkan sedikit sensasi kesat di lidah.

Baking Lovers, charcoal powder memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah bisa menyerap racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah. Namun dibalik kelebihannya, charcoal powder memiliki beberapa efek samping meski sangat jarang terjadi. Seperti beresiko mengakibatkan dehidrasi, serta dapat menyebabkan diare dan muntah-muntah. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi bubuk arang dan jangan lupa banyak minum air putih setelahnya. Oya, Titan juga punya resep olahan khusus yang menggunakan bubuk arang dalam pembuatannya lho. Jadi selain lezat, pastinya sehat juga. Yuk cek disini, semoga bermanfaat!



Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 10 Jun 2019

Sagu, tapioka, dan maizena sering membuat bingung Baking Lovers yang berbelanja di Titan. Apa ya, perbedaan ketiganya?

Dipublikasi : 06 Aug 2019

Gelatin banyak dimanfaatkan pada industri makanan, farmasi, dan kecantikan. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam pembuatan kue?

Dipublikasi : 22 Apr 2019

Berbisnis kue selalu manis dan menyenangkan, meski kadang menemui kendala. Yuk, ikuti cerita Ibu Tanty (owner Ti's Cakes) berikut ini. Beberapa waktu lalu kami janjian dengan Bu Tanty untuk melakukan sesi wawancara. Perjalanan dari Fatmawati ke Lenteng Agung yang lumayan bikin ngantuk karena macet langsung terbayarkan. Sambutan dari tuan rumah dan antusiasmenya untuk berbagi pengalaman sangat menyenangkan.