Chia Seed: Si Mungil Kaya Manfaat

Penulis : Admin


Dipublikasi : 12 Apr 2019



Baking Lovers, sudah pernah melihat produk ini di Titan, kan? Tapi sepertinya belum banyak yang tau kalau jenis biji-bijian asal Meksiko dan Amerika Selatan ini memiliki banyak kebaikan. Kira-kira apa saja manfaatnya untuk kesehatan?


 

Bernama Latin Salvia hispanica, chia seed memiliki tampilan yang hampir mirip dengan biji selasih. Bedanya, chia berbentuk cenderung bulat, sedangkan selasih agak lonjong (seperti beras berukuran mini). Tak seperti selasih yang hanya berwarna hitam, chia seed memiliki beberapa variasi warna, seperti hitam, abu-abu, cokelat, dan putih.

Chia seed memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan lho, Baking Lovers. Beberapa diantaranya:

  • Memiliki kandungan serat yang tinggi.

Efek kecukupan serat pangan ini banyak kaitannya dengan kesehatan kita. Seperti  membuat kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, dan yang paling penting adalah membantu sekali untuk program diet alias menurunkan berat badan :)

  • Tinggi antioksidan.

Baking Lovers pasti tau manfaat antioksidan, bukan? Antioksidan terbukti mampu menangkal radikal bebas yang berarti dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Antioksidan juga mampu memperlambat proses penuaan, sehingga baik sekali untuk perempuan yang selalu ingin tampil cantik.

  • Mengontrol gula darah.

Chia seed memiliki kadar Indeks Glikemik rendah, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah. Sangat bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  • Kaya omega 3.

Chia seed termasuk salah satu sumber omega 3 nabati yang baik.  Omega 3 berperan pada pertumbuhan dan perkembangan otak, menjaga daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, dan berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

 

Chia seed dapat langsung dikonsumsi setelah dilarutkan dalam air. Namun jika bosan, Baking Lovers juga bisa mengkreasikannya pada aneka kue atau dessert. Seperti muffin, cake, cookies, pudding, dan smoothies. Tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, karena ada beberapa efek samping yang bisa timbul (apa pun yang berlebihan tentu tidak baik ya). Diantaranya rasa kembung, diare, dan penurunan tekanan darah secara drastis. Jadi, apakah Baking Lovers sudah mulai berencana mengonsumsi chia seed secara rutin? Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 02 Apr 2020

Bahan-bahan apa saja sih yang membuat Tiramisu menjadi kue favorit banyak orang? Inilah 4 hal yang perlu Baking Lovers ketahui dari tiramisu yang sudah Titan rangkum:

Dipublikasi : 08 Feb 2021

Apa perbedaan buttercream dan whipped cream? Lalu, manakah yang sebaiknya digunakan untuk menghias kue?