Ini Ciri Buttercream yang Bagus Untuk Menghias Kue

Penulis : Admin


Dipublikasi : 29 Oct 2019



Baking Lovers, saat melewati etalase toko kue, mata kita selalu dimanjakan dengan berbagai kue yang dihias dengan krim hingga tampilannya menjadi sangat menarik. Ada yang berupa karakter tokoh-tokoh kartun, hiasan klasik seperti floral, rosette, dan ada juga yang agak rumit seperti dekorasi taman dan istana princess. Semua hiasan itu biasanya terbuat dari buttercream.

Buttercream merupakan jenis krim yang paling sering digunakan untuk menghias kue. Mengapa dinamakan buttercream, tentu karena bahan utama yang digunakan adalah lemak. Meski dalam pembuatannya tidak selalu menggunakan lemak jenis butter/ mentega, melainkan juga shortening dan margarin (baca artikel ini untuk tahu apa saja perbedaan margarin dengan mentega). Apakah Baking Lovers tahu buttercream seperti apa yang bagus untuk menghias kue?

 

Ciri-ciri buttercream yang bagus untuk menghias kue:

 

1. Tekstur halus

Buttercream dengan tekstur yang halus akan mempermudah saat diaplikasikan untuk menghias kue. Gunakan gula cair atau kental manis. Hindari penggunaan gula halus karena dapat membuat tekstur buttercream menjadi berpasir. Selain kurang cantik dilihat, tekstur yang berpasir akan membuat butttercream agak sulit di-spuit. 

2. Tidak mengendal di lidah.

Buttercream yang bagus tidak akan mengendal di lidah. Pastikan Baking Lovers menggunakan bahan dasar yang berkualitas tinggi. Selain itu, kocok mentega putih/ shortening hingga benar-benar mengembang, baru masukkan bahan tambahan lainnya.

3. Tingkat kepadatan yang pas.

Buttercream harus memililiki kepadatan yang pas sehingga cukup kokoh untuk dibuat berbagai hiasan seperti mawar, dan lain-lain. Meski berpatokan pada resep tertentu, ada kalanya kita perlu memperkirakan jumlah cairan (baik itu kental manis maupun gula cair) yang digunakan agar buttercream tidak terlalu encer.

4. Rasa manis.

Rasa buttercream seharusnya manis, bukan getir. Menggunakan kental manis dapat membuat buttercream terasa lebih enak dan gurih dibandingkan dengan menggunakan gula cair biasa. 

 

Baking Lovers, ada banyak resep buttercream. Dari semuanya, tentu menghasilkan tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Ada jenis buttercream yang lebih cocok digunakan untuk menghias kue, namun ada juga yang lebih cocok digunakan untuk dijadikan isian karena teksturnya tidak terlalu padat bahkan cenderung agak cair. Baking Lovers bisa cek disini untuk mengetahui resep dasar buttercream yang bagus untuk menghias kue. Jadi, selamat mencoba :)

 

 

 

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 24 Jul 2019

Mengoles loyang adalah hal yang penting saat membuat kue. Jika sampai lupa, siap-siap bete karena cetakan akan lengket dan kue sulit diangkat ya :)