Jenis-Jenis Keju Berdasarkan Kepadatannya

Penulis : Admin


Dipublikasi : 14 Apr 2020



Keju merupakan produk olahan susu yang dibuat melalui proses pemisahan zat-zat padat di dalamnya dengan teknik koagulasi atau pengentalan. Proses ini dilakukan dengan penambahan bakteri atau enzim khusus. Rasa keju cenderung asin dan gurih, itulah yang membuatnya banyak digunakan sebagai bahan utama, campuran dan juga untuk penambah rasa pada berbagai olahan makanan.

Apakah Baking Lovers tahu kalau ada banyak penggolongan jenis keju? Misalnya dari bahan asal, kepadatan, proses pembuatan, proses pematangan, dan masih banyak lagi. Dari semuanya, kali ini Titan akan menjelaskan jenis-jenis keju berdasarkan tingkat kepadatannya.

 

Berdasarkan tingkat kepadatannya, keju dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Hard cheese (keju keras)

Hard cheese memiliki kandungan air 35-45%. Teksturnya padat dan cenderung berbutir, sering membentuk kristal garam alami seiring dengan bertambahnya umur penyimpanan keju. Hard cheese terbagi menjadi dua kategori, yaitu: keju sangat keras (seperti Parmesan), dan semi-keras (seperti Gouda, Edam, dan Cheddar). Di Indonesia, hard cheese sering digunakan untuk olahan produk baking dan bumbu masakan ala kontinental.

  • Semi-soft cheese (keju semi lunak)

Memiliki kandungan air sebanyak 41-52%, keju ini bagus untuk cemilan, dessert, dan cocok juga untuk masakan. Semi-soft cheese dapat dibekukan dan dicairkan tanpa mengalami perubahan rasa, namun teksturnya akan menjadi rapuh. Contohnya yaitu Picodon, Le Brin, and Blue Cheese.

  • Soft Cheese (keju lunak)

Soft Cheese biasanya tidak matang. Rasanya lebih lembut dengan tekstur yang lebih kental daripada keju lainnya, karena memiliki kandungan air 55-80%. Keju lunak dapat dijadikan topping untuk berbagai hidangan, disajikan bersama buah-buahan, atau untuk dipping. Keju lunak tidak ideal untuk memasak. Contohnya adalah keju Brie, Cottage, Buchette, dan Mascarpone.

Ketiga jenis keju tersebut tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Secara umum, keju mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh seperti kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan zinc. Namun, beberapa jenis keju juga mengandung kalori, lemak, dan garam yang tinggi. Oleh karena itu, kita harus cermat dalam memilih dan mengkonsumsi keju. Baking Lovers bisa mendapatkan berbagai pilihan keju dengan kualitas terbaik hanya di Titan Baking.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 17 Jun 2019

Saat ini, banyak orang yang gemar mengkonsumsi produk bebas gluten. Tapi, apakah sebenarnya gluten itu?