Timbangan Digital VS Timbangan Jarum

Penulis : Admin


Dipublikasi : 10 Feb 2020



Saat baking, timbangan merupakan salah satu perlengkapan yang wajib ada. Karena berbeda dengan memasak, baking tidak mengenal istilah kira-kira. Semua bahan harus ditimbang dengan akurat. Salah menimbang atau mengukur bahan, kue atau roti yang kita buat tidak akan sempurna. Wah, penting sekali ya.

(baca juga: Bakers Pemula Wajib Punya Ini)

 

 

Timbangan yang digunakan untuk baking ada dua macam, yaitu timbangan jarum (analog) dan digital. Keduanya memiliki plus dan minus sehingga ada peminatnya masing-masing. Yuk simak perbandingannya di bawah ini:

Timbangan digital terlihat memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan timbangan jarum. Tapi hal ini kembali lagi ke selera dan kebutuhan Baking Lovers. Bagi yang lebih memilih kemudahan dan menggunakan timbangan untuk kebutuhan rumahan, timbangan jarum tentu lebih disukai. Namun bagi mereka yang menggunakannya untuk professional baking dan memperhitungkan biaya produksi secara detail, timbangan digital adalah pilihan yang lebih tepat.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah pilih kapasitas timbangan sesuai dengan keperluan kita. Contoh, jika keperluan kita hanya untuk membuat kue dalam jumlah sedikit, maka timbangan dengan kapasitas maksimal dua atau tiga kilogram tentu sudah mencukupi. Merk timbangan jarum dan digital yang dijual di Titan Baking diantaranya Tanita, Oxone, dan Royal Scale. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi bagi Baking Lovers yang berencana membeli namun belum menentukan pilihan ya.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.