Kegunaan Vital Wheat Gluten

Penulis : Admin


Dipublikasi : 19 Nov 2019



Baking Lovers, gluten merupakan protein yang ditemukan pada padi-padian, serealia, dan gandum. Semua makanan yang mengandung tepung terigu otomatis mengandung gluten (cek disini untuk artikel lengkapnya). Gluten berperan dalam menentukan tingkat elastisitas dan kekenyalan hasil akhir produk. Keberadaan gluten kadang dihindari demi alasan kesehatan, namun tak jarang gluten malah dicari untuk tujuan untuk meningkatkan kualitas produk, seperti menambah tekstur, kekenyalan, dan volume pada roti dan mie.

 

“Bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?”

 

Memang benar, gluten sudah terkandung di tepung terigu. Sayangnya, tak semua tepung terigu memiliki kualitas dan kandungan gluten yang mencukupi. Ada kalanya, tepung dengan grade rendah digunakan untuk membuat produk dengan harga jual yang sangat ekonomis. Lalu bagaimana cara para bakers dan pengusaha kuliner yang memiliki segmentasi pasar di golongan tersebut menyiasati agar produk mereka bisa memiliki kualitas yang mendekati produk standar? Ya, salah satu caranya adalah dengan menambahkan Vital Wheat Gluten pada adonan.

 

Berikut kegunaan Vital Wheat Gluten dalam dunia kuliner:

  • Dapat digunakan untuk segala produk bakery dan mie.
  • Pada mie, dapat menambah tingkat kekenyalan sehingga mie menjadi tidak mudah putus.
  • Pada roti, dapat membuat tekstur menjadi lebih ringan, kokoh dan mengembang lebih besar.
  • Dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk industri makanan beku/ frozen food dan makanan cepat saji (sebagai binding agent/ zat pengikat).
  • Bisa digunakan untuk membuat daging imitasi (makanan vegetarian).

Vital Wheat Gluten juga digunakan untuk menambah volume dan kekenyalan pada variasi produk bakery yang berbahan dasar tepung whole wheat dan tepung rye. Kedua tepung ini memiliki kandungan gluten yang rendah. Dosis penggunaan Vital Wheat Gluten secara umum  adalah  1-2% dari keseluruhan berat adonan. Penyimpanannya di tempat yang sejuk dan tertutup rapat. Produk yang sudah dibuka dari kemasan dapat awet selama kurang lebih enam bulan. Kabar baiknya adalah, Baking Lovers tidak usah bingung mau mencari produk ini dimana. Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan, bisa melalui chat di sini :)


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?