Manfaat dan Olahan Tepung Hunkwe

Penulis : Admin


Dipublikasi : 20 Aug 2019



Baking Lovers, ternyata banyak sekali jenis tepung-tepungan yang digunakan untuk membuat kue. Kali ini, Titan akan menjelaskan sedikit tentang tepung yang berasal dari pati kacang hijau.

***

Sebelumnya, Titan sudah pernah membahas perbedaan antara tepung dan pati pada artikel ini. Yuk dibaca lagi untuk mengingat-ingat apa perbedaan diantara keduanya. Tepung hunkwe berwarna putih bersih dengan tekstur agak licin (hampir mirip dengan tekstur tepung sagu, namun lebih kesat). Tepung hunkwe biasanya memiliki kemasan yang unik. Baking Lovers pasti sering melihat tepung ini dijual dalam kertas putih tebal berbentuk silinder. 

Tepung hunkwe terbuat dari kacang hijau yang ditumbuk hingga bijinya terbelah, kemudian direndam dalam air bersih selama tiga jam. Kulit kacang hijau yang sudah terlepas lalu dibuang. Setelah itu, biji kacang hijau yang sudah lembut digiling hingga benar-benar halus dan ditambahkan air kembali hingga sari patinya mengendap. Endapan inilah yang dikeringkan dan menjadi tepung hunkwe.

Makanan dan kue yang dibuat menggunakan tepung hunkwe akan memiliki tekstur lentur dan kenyal dengan aroma yang khas. Beberapa contoh makanan yang berbahan dasar tepung ini diantaranya cente manis, kue lapis, ongol-ongol, dan es selendang mayang. Oya, kalau Baking Lovers termasuk generasi 90-an, pasti ingat dengan jajanan es gabus yang bentuknya persegi panjang dan berlapis-lapis dengan warna-warni yang mencolok. Ini juga salah satu olahan dari tepung hunkwe lho.

Tepung hunkwe memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh, seperti protein, karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi. Kandungan fosfor dan kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak, karena itu tepung hunkwe banyak diolah menjadi alternatif bahan utama pada menu snack untuk balita dan makanan pendamping ASI (MPASI).

Dalam beberapa kondisi, penggunaan tepung hunkwe bisa digantikan dengan tepung sagu atau maizena. Hal ini biasa diaplikasikan pada pembuatan cendol, kue lapis, serta puding atau agar-agar. Namun, hasil akhir makanan yang dihasilkan tidak akan sama jika dibandingkan menggunakan tepung hunkwe asli. Merek tepung hunkwe yang dijual di Titan adalah Tiga Serangkai.

 

 

 

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.