Mengenal Teng Mien, Pati Gandum untuk Membuat Dimsum

Penulis : Admin


Dipublikasi : 19 Feb 2021



Teng mien berbentuk seperti tepung biasa, disebut juga tang mien, tang meen, atau tang flour. Warnanya putih dengan tekstur halus. Sebenarnya, lebih tepat jika penyebutan kata tepung pada teng mien digantikan dengan istilah pati (starch). Pati didapatkan dari proses pengendapan air perasan bahan, sedangkan tepung adalah hasil penggilingan bahan yang sudah dikeringkan. Pati terdiri atas karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berbentuk bubuk putih, tawar dan tidak berbau.

 

 

Teng mien merupakan hasil dari endapan/ pati tepung gandum (wheat starch) yang sudah dihilangkan kadar glutennya (baca artikel ini, untuk mengetahui apa itu gluten). Sebagai contoh, jenis-jenis tepung diantaranya tepung jagung (polenta), sedangkan patinya adalah maizena. Demikian juga dengan singkong, produk tepungnya adalah tepung singkong (cassava flour), sedangkan patinya adalah tapioka. 

 

Kegunaan Teng Mien

Teng mien cocok sekali dibuat menjadi sajian dimsum (terutama dumpling) agar hasilnya menjadi bening dan bertekstur halus. Selain itu, teng mien juga digunakan sebagai alternatif pengental pada pembuatan saus dan puding. Namun, kemampuan teng mien dalam mengentalkan tidak sekuat maizena (cornstarch) sehingga diperlukan takaran lebih banyak. Teng mien juga digunakan pada industri tekstil dan kertas.

 

 

Apakah Penggunaan Teng Mien Dapat Digantikan?

Sebenarnya, teng mien kurang cocok jika disubtitusikan dengan bahan lain. Hal ini karena teng mien akan memberikan tekstur, rasa, dan tampilan yang khas pada makanan. Apalagi pada pembuatan dumpling. Jika teng mien digantikan dengan tepung lain, maka tekstur dan warna kulit dumpling tidak akan selembut dan sebening jika menggunakan teng mien.

Namun, ada pengecualian untuk jenis dimsum tertentu, seperti bakpao dan mantao. Kita dapat menggunakan tepung terigu khusus, yang memiliki kandungan abu sangat rendah. Jadi, hasil akhir produk akan berwarna putih alami, meski tanpa tambahan tang mien lagi.

Ingin menggunakan teng mien, namun di daerah tempat tinggal Baking Lovers cukup sulit mendapatkannya? Tenang, Baking Lovers dapat berbelanja secara online melalui website www.titanbaking.com, Shopee, atau Official Store Tokopedia TitanBaking. Jangan lupa, dapatkan resep untuk membuat Ha Kau, salah satu jenis hidangan dumpling favorit sepanjang masa, di sini.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?