Palm Sugar dan Brown Sugar, Apa Bedanya?

Penulis : Admin


Dipublikasi : 01 Mar 2021



Ada banyak jenis gula yang digunakan untuk baking dan memasak. Selain gula pasir, ada juga palm sugar (gula palem) dan brown sugar. Tak ayal, keduanya sering membuat bingung bakers pemula. Serupa tapi tak sama, inilah perbedaan palm sugar dan brown sugar  yang Baking Lovers wajib tahu.

Palm sugar merupakan gula yang berasal dari nira/ air sadapan batang pohon palem-paleman. Jenis tanaman palem-paleman tersebut diantaranya aren, kelapa, dan siwalan. Nira yang sudah dikumpulkan direbus hingga mendidih dan mengental, setelah itu didiamkan sampai dingin dan mengeras. Semakin lama nira dimasak, maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap dan rasanya semakin kaya. Palm sugar memiliki tekstur cenderung kering dan berbutir agak kasar.

Palm sugar ada yang berbentuk serbuk (gula semut), cair/ sirup, dan ada juga yang padat/ blok. Palm sugar, terutama yang terbuat dari nira kelapa (coconut sugar) mengandung vitamin dan mineral, serta memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu. Inilah yang menjadikannya alternatif pilihan yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Palm sugar juga mengandung inulin. Inulin berperan sebagai serat pangan prebiotik, yang memberi makan bakteri baik di usus kita. Palm sugar digunakan untuk bahan membuat kue, roti, memasak, serta pemanis pada minuman.

 

 

Berbeda dengan palm sugar, brown sugar terbuat dari gula tebu yang ditambahkan molases. Penambahan molases membuat gula menjadi berwarna kecoklatan, bertekstur lembab, dan memiliki aroma khas karamel/ toffee. Molases merupakan tetes tebu, yaitu salah satu produk hasil pengolahan gula tebu yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi. Molases masih mengandung material gula dan non gula (organik). Bentuknya cairan kental berwarana coklat, dengan kandungan sukrosa yang cukup tinggi, yaitu 48%-55%.

Ada dua jenis brown sugar, yaitu light brown sugar dan dark brown sugar. Pembagian kategori ini tergantung dari banyak kandungan molases di dalamnya. Light brown sugar adalah standar brown sugar yang paling umum digunakan pada resep. Warna dan aroma khas karamelnya cenderung lembut, sangat cocok jika digunakan pada berbagai macam produk bakery, cake, dan minuman. Sebaliknya, dark brown sugar memiliki warna lebih pekat dan rasa yang lebih kuat. Dark brown sugar cocok digunakan pada saus barbeque, puding, dan kue yang berwarna gelap seperti ginger cookies (klik di sini, untuk mengetahui resepnya).



Apakah Dapat Saling Menggantikan?

Sebaiknya, gunakan gula sesuai dengan yang tercantum pada resep. Namun jika tidak ada brown sugar, Baking Lovers dapat menggunakan palm sugar  yang dicampur dengan gula pasir, perbandingannya 1:1. Namun, aroma yang dihasilkan tidak akan sama. Demikian juga, palm sugar kurang cocok jika harus digantikan dengan brown sugar.

Brown sugar dan palm sugar dapat Baking Lovers temukan dengan mudah di toko bahan kue TitanBaking. Pilihannya lengkap, karena ada banyak merek lokal dan internasional dengan berbagai ukuran kemasan. Baking Lovers juga dapat berbelanja online melalui website www.titanbaking.com, Shopee, atau Official Store Tokopedia TitanBaking.

 

Semoga setelah membaca artikel ini Baking Lovers tidak bingung lagi, ya. Selamat berkreasi!



Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 26 Mar 2021

Butuh referensi hidangan dan minuman yang segar untuk berbuka puasa? Baca dulu artikel ini.

Dipublikasi : 16 Feb 2021

Kue-kue tradisional Betawi sangat beragam dan perlu dilestarikan. Baca artikel ini, untuk mengetahui apa saja kue-kue legendaris tersebut!

Dipublikasi : 23 Mar 2021

7 ide hidangan ini dapat jadi referensi pengganti cake untuk merayakan ulang tahun.