Perbedaan Corn Meal, Corn Flour, dan Corn Starch

Penulis : Admin


Dipublikasi : 22 Jan 2020



Baking Lovers, banyak yang mempertanyakan apa perbedaan corn flourcornmeal, dan cornstarch. Apalagi jika pada resep tidak disebutkan secara jelas produk mana yang dimaksud, meski ketiganya sama-sama terbuat dari jagung. Misalnya hanya dikatakan ‘tepung jagung’, tanpa tertulis nama merk tertentu. Yuk kita bahas lebih jauh.

 

Cornmeal

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang digunakan sebagai pendamping hidangan utama. Selain direbus atau dipanggang, bulir-bulir jagung juga bisa dikeringkan lalu digiling. Hasil penggilingan ini disebut cornmeal. Ada tiga jenis tekstur cornmeal, yaitu kasar, medium, dan halus. 

 

Corn Flour

Sebenarnya, corn flour adalah sebutan lain untuk cornmeal dengan butiran medium hingga halus. Salah satu makanan yang dibuat dari corn flour adalah polenta (bubur jagung khas dari Italia Utara). Karena sering dibuat menjadi polenta, corn flour juga sering disebut tepung polenta. 

Cornstarch

Lalu, bagaimana dengan cornstarch? Sering terjadi salah kaprah dalam penyebutan istilah tepung (flour) dan pati (starch). Jadi, tepung adalah hasil penggilingan bahan yang sudah dikeringkan, sedangkan pati didapatkan dari proses pengendapan air perasan bahan. Inilah yang membedakan cornflour (tepung jagung) dengan cornstarch (maizena/ pati jagung).

 

Fungsi/ Kegunaan

Corn flour dan cornmeal dapat memberikan tekstur garing dan rasa manis pada cake, roti, dan cookies. Selain itu, corn flour juga bisa digunakan sebagai bahan membuat camilan seperti corn dog dan pengental pada sup. Penggunaan cornmeal dan corn flour dapat saling menggantikan. Namun, perhatikan jenis hidangan yang akan dibuat dengan tekstur butiran tepung yang paling cocok digunakan. Misal, untuk membuat corn dog diperlukan corn flour dengan butiran yang paling halus. Sebaliknya, cornmeal dan corn flour dengan tekstur medium lebih cocok digunakan untuk membuat polenta.

Cornstarch atau maizena digunakan untuk mengentalkan masakan berkuah. Selain itu juga bisa ditambahkan pada adonan cookies untuk menambah kerenyahan, dan melembutkan tekstur cake. Baking Lovers dapat klik disini untuk membeli corn flour berkualitas tinggi yang dijual di Titan Baking.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.