Perbedaan Corn Meal, Corn Flour, dan Corn Starch

Penulis : Admin


Dipublikasi : 22 Jan 2020



Baking Lovers, banyak yang mempertanyakan apa perbedaan corn flourcornmeal, dan cornstarch. Apalagi jika pada resep tidak disebutkan secara jelas produk mana yang dimaksud, meski ketiganya sama-sama terbuat dari jagung. Misalnya hanya dikatakan ‘tepung jagung’, tanpa tertulis nama merk tertentu. Yuk kita bahas lebih jauh.

 

Cornmeal

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang digunakan sebagai pendamping hidangan utama. Selain direbus atau dipanggang, bulir-bulir jagung juga bisa dikeringkan lalu digiling. Hasil penggilingan ini disebut cornmeal. Ada tiga jenis tekstur cornmeal, yaitu kasar, medium, dan halus. 

 

Corn Flour

Sebenarnya, corn flour adalah sebutan lain untuk cornmeal dengan butiran medium hingga halus. Salah satu makanan yang dibuat dari corn flour adalah polenta (bubur jagung khas dari Italia Utara). Karena sering dibuat menjadi polenta, corn flour juga sering disebut tepung polenta. 

Cornstarch

Lalu, bagaimana dengan cornstarch? Sering terjadi salah kaprah dalam penyebutan istilah tepung (flour) dan pati (starch). Jadi, tepung adalah hasil penggilingan bahan yang sudah dikeringkan, sedangkan pati didapatkan dari proses pengendapan air perasan bahan. Inilah yang membedakan cornflour (tepung jagung) dengan cornstarch (maizena/ pati jagung).

 

Fungsi/ Kegunaan

Corn flour dan cornmeal dapat memberikan tekstur garing dan rasa manis pada cake, roti, dan cookies. Selain itu, corn flour juga bisa digunakan sebagai bahan membuat camilan seperti corn dog dan pengental pada sup. Penggunaan cornmeal dan corn flour dapat saling menggantikan. Namun, perhatikan jenis hidangan yang akan dibuat dengan tekstur butiran tepung yang paling cocok digunakan. Misal, untuk membuat corn dog diperlukan corn flour dengan butiran yang paling halus. Sebaliknya, cornmeal dan corn flour dengan tekstur medium lebih cocok digunakan untuk membuat polenta.

Cornstarch atau maizena digunakan untuk mengentalkan masakan berkuah. Selain itu juga bisa ditambahkan pada adonan cookies untuk menambah kerenyahan, dan melembutkan tekstur cake. Baking Lovers dapat klik disini untuk membeli corn flour berkualitas tinggi yang dijual di Titan Baking.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 09 Dec 2019

Apakah Baking Lovers pernah menggunakan tepung premix? Kalau belum, yuk dicoba. Berikut ini beberapa kelebihannya.

 

Dipublikasi : 22 Apr 2019

Berbisnis kue selalu manis dan menyenangkan, meski kadang menemui kendala. Yuk, ikuti cerita Ibu Tanty (owner Ti's Cakes) berikut ini. Beberapa waktu lalu kami janjian dengan Bu Tanty untuk melakukan sesi wawancara. Perjalanan dari Fatmawati ke Lenteng Agung yang lumayan bikin ngantuk karena macet langsung terbayarkan. Sambutan dari tuan rumah dan antusiasmenya untuk berbagi pengalaman sangat menyenangkan.

Dipublikasi : 06 Aug 2019

Gelatin banyak dimanfaatkan pada industri makanan, farmasi, dan kecantikan. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam pembuatan kue?