Tips Melelehkan Coklat Warna Warni

Penulis : Admin


Dipublikasi : 27 Jan 2020



Baking Lovers, hari Valentine identik dengan saling memberikan cokelat untuk orang-orang terdekat. Jadi tak salah kalau ada yang berpendapat bahwa Valentine adalah hari perayaan cokelat sedunia yang sesungguhnya, selain di tanggal 13 September yang memang sudah ditetapkan sebagai hari cokelat internasional. 

Saat ini makna hari Valentine juga lebih universal, yaitu untuk berbagi keceriaan kepada semua orang. Seperti dari anak ke orang tua, saudara, teman-teman, dan tak lupa kepada mereka yang kurang beruntung. Jadi, selain identik dengan bentuk penghargaan, cokelat juga merupakan makanan manis populer untuk dijadikan hadiah/ pemberian yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi penerimanya. 

 

 

Klik disini untuk mengetahui jenis-jenis cokelat.

Menjelang bulan Februari, popularitas cokelat semakin meningkat, terutama jenis rainbow (cokelat warna-warni). Selain rasanya bervariasi, warna-warni cokelat rainbow juga sangat cantik jika diaplikasikan menjadi praline. Sebenarnya, jenis cokelat ini bukanlah cokelat murni, melainkan hasil olahan gula, minyak cokelat, susu, lesitin, dan flavour. Jadi, cara melelehkannya agak tricky. Jika tak hati-hati, cokelat bisa menggumpal, bahkan tidak bisa meleleh sama sekali. Berikut tips melelehkan cokelat warna-warni agar hasilnya bisa sempurna:

Potong-potong cokelat menjadi bentuk yang lebih kecil. 

Selain dipotong, cokelat juga bisa diserut sehingga hasilnya lebih halus. Hal ini penting agar cokelat menjadi lebih mudah leleh. 

Gunakan wadah yang lebih besar dari ukuran mulut panci yang berisi air.

Wadah yang lebih besar dari ukuran panci dapat mencegah uap air masuk ke dalam cokelat. Uap air dapat menyebabkan cokelat menggumpal. Pastikan Baking Lovers menggunakan mangkuk yang bisa menghantarkan panas dengan baik, misalnya mangkuk stainless.

 

 

Gunakan api kecil.

Api kecil akan membuat panas air menjadi lebih stabil dan mencegah cokelat hangus. Jaga agar air tidak sampai bergolak/ mendidih. Cokelat warna-warni juga mudah menggumpal jika suhu air terlalu panas. Jangan lupa, aduk secara berkala agar cokelat leleh merata. 

Perhatikan penyimpanan cokelat.

Simpan cokelat di suhu ruang, dalam kemasan yang tertutup rapat. Jangan simpan di lemari es karena akan mudah rusak dan tidak mengkilap saat dilelehkan. 

Cokelat rainbow bisa digunakan untuk membuat praline, truffle, cake pop, ganache, dan hiasan kue (chocolate ornaments).

 

 

Titan menjual banyak jenis cokelat warna-warni dengan berbagai varian rasa, seperti Mercolade dan Elmer. Keduanya merupakan merek rainbow chocolate terlaris yang banyak digunakan oleh bakers profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kita berbagi kebahagiaan dengan memberikan cokelat terbaik buatan sendiri.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 10 Feb 2020

Mana yang Baking Lovers lebih sukai, timbangan digital atau timbangan jarum? Ayo cek artikel berikut untuk mengetahui perbandingan keduanya.

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.