Tips Memanggang Lapis Legit

Penulis : Admin


Dipublikasi : 23 Jun 2020



Siapa tidak tergoda pada tampilan kue yang berlapis-lapis dengan rasa dan aroma rempah yang begitu harum? Ya, lapis legit memang menjadi primadona kue di Indonesia. Teksturnya lembut (karena dibuat dengan banyak kuning telur dan butter), membuat kue ini sering dijadikan sajian atau hantaran untuk hari istimewa.

Lapis legit merupakan makanan penutup warisan Belanda yang sudah dimodifikasi dengan sentuhan lokal. Penambahan rempah seperti kayu manis, cengkih, dan bunga pala membuat aromanya begitu khas Indonesia. Namun, dibalik kelezatan dan kepopulerannya,  membuat lapis legit sungguh rumit. Salah satu kunci sukses untuk membuat lapis legit terletak pada metode pemanggangan. Berikut tips yang dapat Baking Lovers ikuti:

 

1. Perhatikan suhu oven

Panaskan oven di suhu 200 ℃ sebelum mulai memanggang, demikian juga dengan loyangnya. Perhatikan suhunya agar jangan sampai turun. Jika oven sudah panas, matikan api bawah. Gunakan api atas untuk pemanggangan setiap lapis kue. Hal yang tak kalah penting adalah kenali karakteristik oven yang Baking Lovers gunakan.

Membuat lapis legit dapat menggunakan oven gas dan oven listrik yang bisa diatur api atas dan bawahnya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan baking pan listrik khusus untuk lapis legit, namun proses pematangannya akan menjadi lebih lama karena tidak ada sistem pengaturan panas seperti jika kita menggunakan oven biasa.

 

2. Sabar saat memanggang

Ini dia tips mendasar yang wajib Baking Lovers taati agar kue lapis legit yang dibuat bisa cantik paripurna. Tak sekadar memanggang biasa, lapis legit dibuat dengan cara memanggang adonan selapis demi selapis. Agar ketebalannya presisi, adonan dapat ditimbang atau dituang menggunakan sendok takar. Setiap adonan dipanggang hingga kematangannya pas (tekstur adonan tidak kaku karena overbaked, dan tidak lumer karena underbaked) kurang lebih selama 5 menit, tergantung oven masing-masing.

Untuk lapisan terakhir, posisikan loyang ke arah pintu oven yang sudah dibuka agar tidak timbul gelembung. Setelah warna menjadi kecokelatan merata, pindahkan loyang ke rak bagian paling atas oven. Kecilkan api, panggang kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan agar seluruh bagian kue matang merata dan untuk mengeringkan bagian pinggirnya. 

 

 

3. Jangan menekan permukaan kue dengan terlalu kuat

Saat memanggang tiap lapis kue, jangan lupa tekan permukaannya menggunakan alat penekan lapis legit. Proses ini dilakukan agar permukaan tiap lapisan kue menjadi rata (tidak miring sebelah). Namun Baking Lovers harus ingat, jangan menekan terlalu keras agar tiap lapisan kue tetap terlihat jelas.

 

 

4. Pecahkan gelembung yang mungkin muncul

Baking Lovers, perhatikan adonan lapis legit yang baru dimasukan ke dalam oven. Jika terdapat gelembung, maka pecahkan dengan lidi yang agak panjang agar bisa menjangkau bagian dalam loyang. Gelembung dapat menimbulkan bercak hitam pada permukaan lapis legit.

 

Itulah empat tips yang Baking Lovers dapat ikuti dalam memanggang lapis legit. Selain cara memanggangnya harus benar, Baking Lovers juga harus memerhatikan beberapa hal lainnya. Mulai dari cara memilih bahan yang tepat, hingga cara mengaduk dan mencampur adonannya. Ingin lebih mahir membuat kue dan belajar langsung dari chef berpengalaman? Baking Lovers dapat cek terus Instagram kami untuk mengetahui jadwal kursus terkini. Keep the baking spirit!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 08 Feb 2021

Apa perbedaan buttercream dan whipped cream? Lalu, manakah yang sebaiknya digunakan untuk menghias kue?

Dipublikasi : 19 Feb 2021

Apa yang dimaksud dengan tepung teng mien? Lalu, apa kegunaannya?

Berikut ini penjelasannya.