Tips Memoles Nastar Agar Hasilnya Mulus

Penulis : Admin


Dipublikasi : 12 Apr 2021



Nastar merupakan salah satu primadona cookies klasik. Apalagi saat hari raya. Meski banyak yang dihidangkan, nastar tetap menjadi jamuan yang pertama dicari dan habis. Karena itu, banyak orang yang penasaran ingin belajar membuat nastar. Selain lebih hemat, kue nastar buatan sendiri akan menjadi kebanggaan tuan rumah saat sanak saudara datang berkunjung.

Permasalahan yang paling sering muncul saat membuat nastar adalah permukaannya menjadi retak setelah dipoles dan dipanggang. Ditemui saat mengajar online baking class hands-on, Baking Instructor Titan Baking, Wendi Aria Ernaz memberikan sejumlah tips yang bisa kita ikuti untuk memoles nastar agar hasilnya mulus, yaitu:

 

1. Gunakan kuning telur

Jika ingin warna yang cantik, Baking Lovers bisa menggunakan telur bebek atau telur omega. Selain itu, saat ini juga banyak bahan pengoles kue kering yang dijual di toko bahan kue (egg gloss). Selain karena lebih simpel, egg gloss banyak digunakan karena dapat menghasilkan warna lebih menarik dan konsisten dibandingkan kuning telur. Contoh merek olesan kue kering yang Titan jual diantaranya adalah Egg Gloss 140 Gr, Cookies Glaze Toffieco, dan Ovex. Masing-masing merek memiliki dosis dan cara penggunaan berbeda, yang sudah tercantum di bagian belakang kemasan.

 

2. Poles nastar setelah dipanggang setengah matang

Pada proses pematangan, adonan nastar akan sedikit mengembang. Jadi jika nastar dipoles sebelum dipanggang, hasilnya akan retak-retak. Untuk hasil olesan yang mulus, panggang nastar terlebih dahulu hingga setengah matang, baru setelah itu dipoles. Proses pemolesan ini bisa diulang hingga dua kali.

 

3. Pastikan suhu pemanggangan stabil

Suhu ideal untuk pemanggangan nastar adalah 160°C selama 20-25 menit. Setiap oven memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jadi, pahami oven yang Anda punya agar hasil pemanggangannya bisa maksimal ya, Baking Lovers.

 

4. Jangan terlalu lama memanggang (overbaked)

Setelah memastikan suhu pemanggangan stabil, Baking Lovers harus memastikan bahwa waktu pemanggangan sudah cukup. Ciri-ciri nastar yang sudah matang adalah bagian bawahnya sudah berwarna kecoklatan dengan warna olesan kuning keemasan. Segera angkat nastar yang sudah matang dari oven agar tidak gosong dan tetap mengkilap.

Itulah beberapa tips untuk memoles nastar agar hasilnya mulus dan mengkilap. Jika Baking Lovers masih mengalami kendala saat membuat nastar atau kue kering lainnya, silakan menanyakannya pada Titan ya. Satu lagi, jangan pernah ragu untuk mendaftar kursus di Titan Baking jika ingin lebih mahir membuat kue. Keep the baking spirit!


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?