Tips Mengukur Bahan-Bahan Dalam Resep

Penulis : Admin


Dipublikasi : 24 Jun 2019



Baking Lovers, kadang kita menemukan resep yang menggunakan satuan ukuran cup, table spoon, atau tea spoon (terutama pada resep asing). Berikut tips mengukur beberapa bahan kue yang biasanya terdapat pada resep.

 

***

 

Seperti yang sudah Titan jelaskan pada artikel sebelumnya, membuat kue adalah ilmu pasti yang pantang kira-kira. Jadi, kita harus menimbang bahan yang akan digunakan seakurat mungkin untuk menghindari kegagalan. Namun, ceritanya akan sedikit berbeda jika satuan bahan pada resep bukan satuan berat. Misalnya cup, tea spoon, atau table spoon. Ini berarti, kita harus mengukur bahan yang diperlukan dengan alat ukur. 

   
   
Mengukur bahan kue lebih tricky dibandingkan dengan menimbang. Bila caranya keliru, bukan tidak mungkin ukurannya menjadi tidak tepat dan berakibat kue yang dihasilkan tidak maksimal, bahkan bisa gagal. Untuk mencegah hal tersebut, berikut tips mengukur beberapa bahan kue yang biasanya terdapat pada resep:
    

Tepung-tepungan

 
Selalu gunakan sendok untuk memasukkan tepung-tepungan ke dalam measuring cup (jangan memasukkan alat ukur langsung ke dalam wadah bahan). Setelah penuh, gunakan bagian belakang mata pisau (yang lurus) untuk meratakan permukaannya. Ingat, jangan menekan-nekan permukaan tepung hingga padat karena itu bisa memperbanyak jumlah terigu yang kita ukur. Hal ini berlaku juga untuk cokelat bubuk dan tepung-tepungan lain. 
 
Baking Lovers, tepung rentan menggumpal sehingga perlu diayak terlebih dulu sebelum dicampur ke dalam adonan. Jadi, perhatikan instruksi pada resep ya. Ada resep yang menyebutkan bahan tersebut perlu diayak terlebih dahulu sebelum diukur, atau sebaliknya.
    
    

Gula pasir

 
Berbeda dengan tepung, gula pasir dapat langsung diukur dengan memasukkan alat ukurnya ke dalam wadah gula. Ratakan permukaannya dengan bagian belakang mata pisau. Gula siap digunakan. Cara ini juga berlaku untuk palm sugar dan brown sugar.
    
     

Cairan

 
Yang termasuk dalam kategori cairan pada resep diantaranya susu cair, minyak, dan air. Tuang cairan ke dalam gelas ukur hingga mencapai level/ garis batas ukuran yang dibutuhkan. Perhatikan batas ukuran dari sisi samping gelas, bukan dari atas. Kita bisa menggunakan gelas ukur yang terbuat dari plastik, akrilik, kaca, atau silikon. Penggunaannya cukup disesuaikan dengan kebutuhan. Gelas ukur yang terbuat dari plastik lebih praktis dan ekonomis. Namun, jika kita lebih sering mengukur cairan panas, gelas ukur dari kaca bisa jadi solusinya.
   
     

Baking powder, soda kue, dan bahan tambahan lainnya

 
Sebelum mengukur, pastikan bahan-bahan tersebut masih dalam kondisi yang masih bagus. Baking powder dan soda kue berada dalam keadaan paling baik maksimal tiga bulan setelah dibuka dari kemasannya dan disimpan dengan baik. Gunakan measuring spoon untuk mengukur bahan-bahan tersebut dan jangan lupa ratakan bagian atasnya ya (peres).
   
   
Mengukur memang terasa lebih praktis dan cepat dari menimbang bukan, Baking Lovers? Namun,  jika kita akan mengembangkan resep atau ingin membuat kue dalam jumlah banyak, Titan sarankan untuk menimbang. Karena menimbang akan memberikan jumlah bahan yang lebih akurat. Lalu, bagaimana cara mengkonversi satuan ukuran menjadi berat timbangan? Titan bahas pada artikel selanjutnya ya :)

Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?