Yule Log: Cake Bongkahan Kayu Khas Natal

Penulis : Admin


Dipublikasi : 04 Nov 2019



Yule Log Cake atau yang biasa dikenal dengan nama Bûche de Noël sudah menjadi salah satu tradisi untuk melengkapi keceriaan Natal. Berbentuk menyerupai bongkahan kayu lengkap dengan seratnya, dengan krim coklat pekat lezat di bagian isi dan toppingnya. Ditambah dengan hiasan khas Natal seperti ornamen jamur dan taburan gula halus, sungguh membuat siapa saja terkesan. 

Cake ini merupakan cake tradisional Prancis dan sudah dikenal hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi, pembuatan cake ini terinspirasi dari bongkahan kayu yang selalu digunakan untuk memanaskan perapian pada musim dingin. Menarik bukan? Nilai filosofisnya adalah dengan adanya Yule Log Cake maka akan menambah kehangatan saat berkumpul keluarga, terutama di saat malam Natal.

Apakah Baking Lovers pernah membuatnya? Jika belum, yuk kita buat sekalian untuk latihan menjelang hari Natal nanti. Resepnya bisa dilihat di sini (insert resep) ya. Pada dasarnya, cara membuat Yule Log Cake cukup mudah. Karena base cake yang digunakan adalah vanilla roll cake dan ganache cream. Namun, ada juga yang lebih suka menggunakan base chocolate roll cake untuk mendapatkan cita rasa yang lebih chocolaty. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Baking Lovers ikuti pada pembuatan Yule Log Cake:

Gulung cake yang belum dihias menggunakan kertas roti. Sebelumnya, taburi kertas roti dengan sedikit gula halus untuk mencegah lapisan kue mengelupas karena lengket.

Jika ingin menggunakan buah segar sebagai hiasan, dapat divariasikan dengan membasahi buah dengan sedikit air, lalu gulingkan di atas gula kastor untuk menimbulkan efek salju.

Buat cake paling tidak dua hari sebelum disajikan, agar cake dan krim cokelat set sempurna.

Ganache chocolate dapat diganti dengan cream cheese frosting atau buttercream rasa cokelat. 

Yule Log Cake juga bisa menjadi alternatif jika Baking Lovers bosan dengan bolu gulung yang tampilannya biasa saja. Yang paling penting adalah selain bisa dinikmati bersama keluarga, kue cantik ini juga bisa dijadikan hantaran Natal untuk sahabat tercinta.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.