4 Alasan Penggunaan Bread Improver

Penulis : Admin


Dipublikasi : 18 Jun 2020



Bread improver merupakan salah satu bahan yang digunakan pada pembuatan roti yang bersifat tambahan/ opsional. Apabila tidak digunakan, roti tetap bisa mengembang. Tetapi tekstur, serat, dan kekokohannya akan kurang sempurna. Kandungan utama bread improver adalah enzim, bahan penguat gluten (oxidizing agent),  emulsifier, mineral, dan tepung.

 

 

Mungkin Baking Lovers bertanya, mengapa bread improver sering muncul pada resep pembuatan roti meski sifatnya opsional? Inilah beberapa alasannya:

 

  • Membantu ragi dalam memproduksi gas sehingga roti menjadi lebih mengembang.

Mineral yang terkandung pada bread improver berperan sebagai suplemen bagi ragi untuk dapat bekerja maksimal. Jika sudah berada dalam kondisi paling baik, maka ragi akan mampu menghasilkan gas secara optimal untuk mengembangkan adonan roti.

 

  • Membantu gluten menahan kerangka roti yang mengembang.

Bread improver akan bekerja secara kimiawi untuk menguatkan gluten yang terbentuk saat proses pengadukan. Fungsinya akan terlihat pada tahap awal proses pembakaran yang dikenal dengan istilah oven spring*.

 

 

  • Melembutkan tekstur roti.

Emulsifier merupakan produk yang digunakan untuk menyatukan bahan-bahan yang secara alami sulit bercampur misalnya minyak dan air. Kandungan emulsifier dalam bread improver akan membuat roti yang dihasilkan bertekstur lebih lembut dan rasanya lebih enak.

 

  • Mempersingkat waktu fermentasi.

Sebagai pengoptimal fungsi ragi, bread improver mampu mempersingkat waktu fermentasi adonan. Fungsi ini sangat penting, sebab proses pembuatan roti (terutama dalam skala besar) menuntut kecepatan waktu untuk memenuhi target produksi dan distribusi.

 

Penggunaan bread improver hanya sebanyak 0.2 - 0.4% dari berat tepung terigu yang digunakan. Jika dikonversi, untuk 1kg tepung terigu, jumlah yang digunakan hanya 2 - 4 gram. Atau untuk lebih detail, Baking Lovers dapat melihat keterangan yang tertulis pada kemasan bread improver yang digunakan. Contoh merek yang Titan jual adalah Baker Bonus, Soft’r Cotton Actiplus, Bakerin Plus, dan S500. Simpan bread improver yang sudah terbuka di dalam wadah yang tertutup rapat dalam suhu udara yang sejuk, yaitu 20-25℃.

 

Daftar Istilah:

Oven spring adalah peningkatan volume yang cepat pada tahap awal proses pembakaran atau pada saat roti mulai masuk di oven.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.

Dipublikasi : 20 May 2020

Idul Fitri belum lengkap tanpa kehadiran kue kering klasik. Ini dia 6 rekomendasi cookies klasik yang cocok untuk isi stoples Anda.

Dipublikasi : 23 Jun 2020

Salah satu kunci sukses membuat lapis legit terletak pada teknik pemanggangan. Baca artikel ini untuk tips lengkapnya!