Baking Soda VS Baking Powder

Penulis : Admin


Dipublikasi : 15 Feb 2019



 Apakah keduanya bisa saling menggantikan?

Kedua bahan ini serupa tapi tak sama. Dengan tekstur butiran halus berwarna putih, hanya bisa dibedakan dari kemasan produknya. Kalau dilihat sekilas tanpa ada label, pasti membingungkan ya, Baking Lovers. Tapi, ada perbedaan komposisi yang mendasar antara baking soda dengan baking powder. Yuk, kita bahas satu per satu.


Baking Soda

Baking soda (disebut juga soda kue atau bicarbonate soda) adalah bahan pengembang yang digunakan pada cake, cookies, dan kue-kue tradisional yang mengandung asam. Asam yang dimaksud bisa berasal dari cuka, brown sugar, madu, santan, coklat, atau buah-buahan. Kalau tidak ada asam bagaimana? Ya tentu baking soda tidak akan bekerja, dan adonan tidak akan mengembang. Jadi begini prinsipnya:


Soda Kue + Asam/ ACID = Karbon Dioksida -->dipanaskan--> adonan mengembang


Penggunaan yang umum adalah 0.5% - 1% berat total adonan. Malas menghitung? Tenang Baking Lovers! Kalau sudah ada resep, ya ikuti saja. Karena yang membuat resep pasti sudah tau kenapa dibuat takaran sekian gram. Kalau dikurangi, adonan tidak akan mengembang sempurna. Kalau ditambah, efek yang terjadi bukan adonan akan makin mengembang tinggi. Tapi malah akan meninggalkan rasa besi (duh, apa ya?). Siapa yang waktu kecil suka ikutan lomba kelereng? Nah, perumpamaannya seperti rasa sendok aluminium yang diemut itu. Jadi, saran Titan lebih baik ikuti saja petunjuk resep. Tentu dari sumber kredibel ya :)


Baking powder

Bahasa gampangnya, baking powder adalah soda kue yang sudah mengandung asam/ acid. Saat ini, baking powder yang beredar di pasaran berjenis double acting. Jadi, fungsi pengembang bekerja pada saat pengadukan dan saat adonan dipanaskan. Baking powder digunakan untuk resep-resep kue yang tidak menambahkan asam di dalamnya. Dosis penggunaannya adalah 1% - 3% dari berat tepung terigu.

Baking Lovers, ada resep yang menggunakan baking powder dan baking soda sekaligus. Biasanya hal ini dilakukan karena di dalam adonan kue mengandung asam dalam jumlah sedikit. Sehingga diperlukan pengembang tambahan untuk menaikkan volume adonan.


Bisa Saling Menggantikan?

Baking soda memiliki daya pengembang empat kali lebih kuat dibandingkan baking powder. Jadi Baking Lovers harus menggunakan baking powder sebanyak empat kali lebih banyak dari berat yang tercantum pada resep. Waw! Ada tapinya nih, hehehe… Siap-siap aja kue yang kalian buat memiliki after-taste pahit. Apa pun yang sudah ditakar memang lebih baik ya, jadi lebih filosifis deh. Resep saja sudah diatur agar hasilnya sempurna, apalagi gaya hidup. Setuju nggak?


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 19 Nov 2019

Baking Lovers, bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?