Cake Emulsifier: Pengemulsi Atau Pengembang?

Penulis : Admin


Dipublikasi : 03 Feb 2020



Baking Lovers tentu sudah tidak asing dengan bahan kue yang satu ini. Yup, cake emulsifier sering kita temui pada saat pembuatan kue. Cake emulsifier diperlukan sebagai bahan pengemulsi/ stabilisator adonan kue. Bertekstur creamy, dan warnanya bermacam-macam tergantung merk. Ada yang berwarna putih, kuning atau oranye. Cara kerjanya adalah mengemulsi/ menyatukan cairan dan lemak pada adonan, sehingga lemak dan air dalam adonan dapat menyatu dengan baik, mengental, dan konsisten.

Proses emulsi ini dapat mempersingkat proses aerasi (proses pemasukan udara saat pengocokan telur pada pembuatan cake) dan secara tidak langsung akan meningkatkan volume adonan. Wah, menarik ya. Jadi ini meluruskan opini banyak orang yang sering berkata bahwa cake emulsifier adalah bahan pengembang. Selain itu, cake emulsifier juga dapat menghaluskan tekstur, memperpanjang umur simpan, dan meningkatkan keempukan kue.  

 

 

Sebenarnya, ada zat emulsifier alami yang digunakan untuk pembuatan kue sejak zaman dulu, misalnya kuning telur. Karena itu, cake klasik (baca: cake jadul) cenderung menggunakan kuning telur dalam jumlah banyak untuk membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan mengembang. Contohnya adalah pada pembuatan kue lapis surabaya. 

 

 

Merk cake emulsifier yang cukup terkenal diantaranya SP, Quick 75, TBM, Starkies, dan Ovalet. Sebaiknya Baking Lovers menyesuaikan jenis kue yang akan dibuat dengan cake emulsifier yang digunakan. Misalnya, untuk membuat cake yang membutuhkan pengembangan volume tinggi (seperti sponge cake), gunakan SP atau Quick 75. Lalu, untuk membuat cake yang hanya memerlukan pengembangan volume sedang hingga rendah (seperti lapis surabaya) bisa menggunakan TBM atau Ovalet.

Merk cake emulsifier tersebut bisa saling menggantikan. Lalu, bagaimana jika kita tidak menggunakan cake emulsifier sama sekali? Tentu hasil akhirnya tidak akan sebagus jika kita menggunakannya. Cake tidak akan terlalu mengembang dan cenderung bertekstur padat. 

Kalau masih bingung dengan cara pemakaian, merk yang pas untuk jenis kue Anda, atau mungkin belum tahu dimana bisa mendapatkan cake emulsifier dengan kualitas terbaik, jangan ragu untuk menghubungi Titan Baking terdekat. Atau klik disini untuk berbelanja online, kapan saja, dimana saja.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 01 Jul 2020

Rhum merupakan salah satu minuman beralkohol, yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Yuk kita berkenalan lebih jauh dengan produk yang satu ini.

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?