Misteri Kaki di Loyang Chiffon

Penulis : Admin


Dipublikasi : 06 Feb 2019



Membuat Chiffon Cake sangat tricky dengan level kesulitan lumayan tinggi. Kegagalan yang sering terjadi adalah cake amblas ketika sudah keluar dari oven. Padahal adonan sudah mengembang sempurna saat masih di panggang. Kok bisa?

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menentukan agar tekstur kue jadul ini tetap kokoh. Diantaranya adalah  loyang chiffon tidak boleh dioles margarin atau lainnya. Hal ini dilakukan agar adonan bisa menempel di loyang. Jadi, pada saat loyang dibalik, kue akan mengikuti gaya gravitasi sehingga bagian pinggir tetap melekat dan bagian tengah turun, sehingga kue tidak amblas.

Faktor lainnya adalah kue yang sudah matang harus segera didinginkan dengan cara dibalik sebelum dikeluarkan dari loyang. Mengapa? Karena Chiffon Cake yang baru keluar dari oven perlu mendapatkan sirkulasi udara yang baik agar uap panasnya segera hilang. Uap panas ini dapat membuat kue mengkerut, susut, dan anjlok.

Bagaimana cara membaliknya?

Mudah kok, kita nggak perlu repot-repot menggunakan botol lagi untuk menyanggah loyang (aduh, inget zaman nenek dulu ya). Loyang chiffon yang Titan jual sudah dilengkapi “kaki” untuk menjaga supaya permukaan kue tidak menyentuh meja secara langsung. Jadi, uap bisa keluar dari permukaan atas dan bawah kue. Setelah dingin, baru deh keluarkan kue dari loyangnya dengan perlahan.

Jika tahap ini dilakukan dengan benar, pasti penampilan Chiffon Cake tetap cantik, tanpa anjlok dan berpinggang. Nah, sudah terjawab kan, apa misteri kaki di loyang chiffon? Pastikan jangan salah pilih loyang ya, Baking Lovers.



Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 19 Nov 2019

Baking Lovers, bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.